Peringati Hari Tani Nasional Hari Ini Pemkab Dan UMK Gelar Agroexpo Dan Seminar Nasional

Peringati Hari Tani Nasional Hari Ini Pemkab Dan UMK Gelar Agroexpo Dan Seminar Nasional

Kudus, isknews.com – Memperingati Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September hari ini digelar Agroexpo dan Seminar Nasional Pertanian di Kampus UMK Kudus. Acara yang merupakan kerjasama antara Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertanpangan) Kudus dan Universitas Muria Kudus (UMK) tersebut juga akan didahului dengan penandatanganan MoU antara Pemkab Kudus dengan Universitas Muria Kudus yang akan dilakukan hari ini,  Jumat (22/9/17).

Agroexpo akan  berlangsung selama dua hari yaitu pada hari Jumat dan Sabtu dan ini merupakan salah satu upaya membangun keterpaduan penanganan pertanian yang lebih baik antara Pemkab Kudus, Akademisi, swasta, pelaku usaha dan masyarakat. Dalam hal ini untuk mendorong pertanian dan peningkatan produksi.

TRENDING :  Tirakatan Hari Jadi, Wujud Syukur dan Doa Untuk Rembang Lebih Baik

Selain itu, dapat mengembangkan jaringan pasar global komoditas agro serta sebagai ajang transfer informasi dan teknologi pertanian bagi petani dengan akademisi dan pelaku usaha.

“ Acara ini untuk memperkenalkan dan mempromosikan kepada masyarakat luas mengenai produk-produk pertanian unggulan dan peran penyuluh pertanian di Kabupaten Kudus ,” ujar Catur Sulistiyanto, disela-sela ikut persiapan pembangunan stand expo, Kamis (21/9/17).

Menurut Ketua Penyelenggara, Hendi HS, kegiatan ini diikuti oleh 54 stand Dinas Pertanian dan Kabupaten Pati, Jepara dan Demak. Sementara untuk Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus menampilkan 14 stand untuk Bidang-bidang lingkup Dinas Pertanian dan Pangan Kudus serta 9 BPP ( balai Penyuluh Pertanian) kecamatan dan satu stand untuk asosiasi pengolah dan pemasar ikan ( APPI). Sedangkan lainnya merupakan UKM Pelaku usaha produk pertanian, perikanan dan peternakan.

TRENDING :  Babinsa Kodim 0722 Kudus Dilatih Operasikan Alat Pertanian Moderen

“ Melalui acara ini juga akan terlihat BPP atau penyuluh pertanian mana yang mempunyai inovasi dan terobosan untuk memajukan pertanian,” tambah Catur Sulistiyanto.

Selain menyelenggarakan expo, hari ini juga diselenggarakan seminar nasional dengan tema “Peran Penyuluh, Petani dan lembaga pendidikan/Penelitian dalam mendukung kedaulatan pangan” dengan pembicara Bupati Kudus H. Musthofa SE MM, Prof. Dr, Ir, Darsono, M.Si dan Warsana, SP, M.Si.

TRENDING :  Takbir Akbar Masjid Agung Malam Ini, PCNU Dan PDM Peroleh Bantuan Dana Dari Bupati

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini, nantinya para pengunjung banyak disuguhkan dengan adanya display tanaman di lahan yang merupakan pameran stand-stand di lahan parkir UMK. Karena itu, untuk  warga Kudus dan sekitarnya kesempatan ini menjadi peluang bagus guna mengetahui perkembangan pertanian beserta produknya.  (YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post