Peringati Hari Teater, DKD Jepara Gelar Camp Budaya

oleh
Foto: Camp budaya dan pagelaran seni tradisional Emprak. (istimewa)

Jepara, ISKNEWS.COM – Memperingati Hari Teater Sedunia (Hatedu) ke 56, Dewan Kesenian Kabupaten (DKD) Jepara, bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara, menggelar camp budaya dan pagelaran seni tradisional Emprak. Kegiatan dipusatkan di Dukuh Karangsari, Desa Kepuk, Kecamatan Bangsri, selama tiga hari.

TRENDING :  Begini Kemeriahan Pemilihan Putra Putri Budaya Tingkat Jateng-DIY 2018

Sekretaris DKD Jepara, Rhoby Shani mengatakan, kegiatan camp budaya ini, dilaksanakan mulai Jumat, (30-03-2018) malam, sampai Minggu (1-04-2018). Para peserta, yang merupakan kelompok teater di Jepara, mereka menginap di rumah warga selama kegiatan berlangsung.

“Desa Kepuk ini, masih kental dengan kesenian tradisional. Termasuk kesenian Emprak. Mereka sengaja diinapkan, agar membaur dengan masyarakat dan belajar tentang kesenian teater tradisional ini,” kata Roby.

TRENDING :  Belum Ada Parpol Yang Daftarkan Caleg

Acara diawali dengan pementasan Emprak Sidomukti oleh tiga seniman tradisonal, pada Jumat (30-03-2018), malam. Kemudian dilanjutkan pada Sabtu (31-03-2018) malam, dengan pementasan delapan teater yang mengikuti camp budaya.

TRENDING :  110 Warga Binaan Rutan Jepara Terima Remisi Lebaran

Kabid Komunikasi Diskominfo Kabupaten Jepara, Arif Darmawan mengatakan, seni tradisional ini, harus terus beraktualisasi agar tidak ditinggalkan. Tidak lupa, dalam setiap pementasan, untuk menyampaikan pesan-pesan moral, serta bersifat membangun untuk masyarakat. (ZA/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :