Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia, Rutan Kudus Lakukan Screening

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Dalam rangka memperingati hari TBC Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret mendatang, warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II B Kudus melakukan screening TBC terhadap 50 orang dari 193 WBP,  Selasa (5/3/2019) di Aula Rutan II B Kudus.

Kegiatan berlangsung saat jam besukan dari jam 9.30 sampai 14.00. Rutan kudus membagikan brosur dan pengarahan bagi keluarga napi yang mau membesuk. “Dan bagi keluarga Napi yang batuk kita bagikan masker guna antisipasi penularan,” ujar Kepala Rutan Kelas II B Kudus, Budi Prajitno melalui Kepala Subsi Pelayanan Tahanan Rutan Kudus, Eko Budihartanto.

TRENDING :  Sekda Pada Musrenbang RKPD 2018 : Ketatnya Regulasi Sektor Rokok Picu Tumbuhnya Angka Pengangguran Di Kudus
TRENDING :  Sempat Dikabarkan Hilang, Warga Japan Dawe Ditemukan Tinggal Tulang Belulang

Sosialisasi tentang penyakit Tuberkulosis juga dilakukan sebelum pengecekan. “Pernah ditemukan satu kasus warga binaannyan yang positif terkena TBC. Kemudian yang bersangkutan dipindahkan ke sel khusus untuk mencegah penularan,” terang Eko.

Kegiatan screening terlaksana berkat kerjasama antara pihak Rutan Kudus dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Sebanyak 14.907 Kartu Tani Belum Didistribusikan

Menurutnya dengan dilakukannya kegiatan ini setidaknya kita bisa membantu pencegahan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi masyarakat. “Selain itu juga kegiatan skrining batuk juga salah satu wujud nyata menuju Indonesia yang bebas penyakit TBC,” tandas Eko. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :