Peringati HGN, Pelajar SMP 1 Kudus Asah Kreatifitas Lewat Lomba ‘Doodle Art’

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Beragam cara dilakukan untuk menyambut hari guru nasional (HGN), seperti halnya yang telah dilakukan pelajar SMP 1 Kudus dalam mengikuti lomba ‘Doodle Art’, Senin (26/11/2018).

Lomba yang mengasah kreativitas dan seni ini diikuti 24 siswa dari perwakilan masing-masing kelas. Nampak dari mereka dalam karya ‘Doodle Art’ yang bermacam-macam, ada tulisan atau pesan yang tersirat, diantaranya bertuliskan My Teacher My Hero, Jasamu Tak kan ku Lupa, Guru Lentera Hidup Kita, Ucapan Selamat Hari Guru dan beragam hasil karya lainnya.

TRENDING :  Tari Kolosal Gusjigang Meriahkan Hari Jadi Kota Kudus

Hasan Sunarto, Guru seni rupa di SMP 1 kudus bersama sejumlah anggota OSIS ikut mendampingi jalannya lomba. “Lomba ini untuk mengasah kreativitas siswa dalam membuat seni rupa berupa ‘Doodle Art’,” terang Hasan.

Lomba ‘Doodle Art’ kali ini, kata Hasan, merupakan yang pertama digelar di SMP 1 Kudus. Karena tahun sebelumnya di Hari Guru, digelar lomba membuat karikatur, poster, maupun melukis wajah guru. “Untuk peringatan hari guru di SMP 1 Kudus setiap tahunnya memang selalu berganti tema untuk memperingatinya, selain lomba yang unik, juga disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat itu,” ujarnya.

TRENDING :  Ribuan Botol berbagai merk dihancurkan

Dikatakan Hasan, ‘Doodle Art’ merupakan gambar sederhana yang dapat memiliki makna representasi konkret atau hanya terdiri dari garis acak dan abstrak, umumnya tanpa pernah mengangkat perangkat gambar dari kertas, dalam hal ini biasanya disebut “coretan”.

TRENDING :  Polemik Eksekusi Rumah di Burikan, Pemilik Tantang Sumpah Pocong

Untuk penilaian, dilihat dari orisinalitas karya, kesesuaian tema dan unsur seni yang terkandung di dalamnya. “Panitia akan menilai dan lebih mengapresiasi siswa yang mempunyai ide sendiri dan hasil karya asli,” jelasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :