Peringati Tahun Baru Islam, Warga Dukuh Goleng Gelar Kirab Gunungan Hasil Bumi

Peringati Tahun Baru Islam, Warga Dukuh Goleng Gelar Kirab Gunungan Hasil Bumi

Kudus, isknews.com -Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharam, adalah hari bahagia bagi semua umat muslim. Karena hari itu adalah pertanda dimulainya tahun baru dalam kalender Islam. Tak terkecuali bagi warga dukuh Goleng, Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Kamis (21/09). Semua warga berbondong berkumpul di sepanjang jalan desa di dukuh tersebut, untuk merayakan peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1439.

Menurut ketua panitia perayaan tersebut H Kasrum, acara ini terselenggara atas murni partisipasi warga mulai dari hasil bumi dan biaya masyarakat sendirilah yang menanggung. Hasil bumi itu berupa sayur-sayuran, tomat, cabe, melon, semangka itu kemudian dikumpulkan dan disusun membentuk gunungan. Selanjutnya gunungan itu diarak keliling kampung.

Warga masyarakat Dukuh Goleng mengikuti di belakang gunungan itu. Tak terkecuali, tua, muda, pria, wanita juga anak-anak, larut dalam suasana suka ria “Kegiatan tersebut dilakukan warga setiap tahun, sebagai pertanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta pertanda dimulainya tahun baru Hijriah 1 Muharam.”

Kepala Desa Pasuruhan Lor, Noor Badri, dalam sambutannya, mengatakan kirab hasil bumi ini mempunyai maksud sebagai ungkapan rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala kelimpahan rahmat rezeki berupa hasil bumi. “Kami dan juga warga masyarakat Dukuh Goleng, berharap agar kedepan seluruh warga desa dijauhkan dari mara bahaya.”
Acara peringatan tahun baru di dukuh Goleng tersebut dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Sedekah Bumi Dan Perang Obor, Tradisi Desa Tegal Sambi

Share This Post