Peringati World Clean Up Day Ratusan Kilogram Sampah Pasar Terkumpul

oleh
ISKNEWS.COM
Peringati World Clean Up Day Ratusan Kilogram Sampah Pasar Terkumpul

Pati, ISKNEWS.COM – Pemandangan tak biasa terjadi di Pasar Puri, Pati Sabtu, (15-9-2018) pagi. Jika setiap harinya pasar puri dibersihkan oleh petugas kebersihan, namun kali ini untuk memperingati world clean up day ratusan masyarakat dari berbagai elemen juga ikut membersihkan pasar.

Aksi tersebut diawali dengan apel besar bersama Bupati Pati, Haryanto kemudian dilanjutkan dengan kerja bakti massal yang melibatkan seluruh peserta. Para peserta menyusuri pasar untuk memungut sampah yang berceceran.

Koodinator aksi, Ikhsan Refika mengungkapkan, kegiatan tersebut terlaksanan berkat kerjasama dari World Clean Up Day Jawa Tengah, Pemkab Pati, Polres Pati, dan Kodim 0718 Pati. Selain itu, berbagai elemen masyarakat dari pegiat lingkungan dan anak sekolah juga turut andil.

TRENDING :  Optimalkan DD dengan Libatkan Masyarakat

“World clean up day ini adalah gerakan pungut sampah sedunia. Dan di Pati ini kita mengambil tema Guyub Rukun Saiyeg Saeka Praya, Mujudake Pati Bebas Sampah,” ungkapnya saat ditemui disela-sela aksi.

TRENDING :  600 Warga Peganjaran Ikuti Jalan Sehat Masal

Ikhan menjelaskan, dalam aksi tersebut berhasil mengumpulkan sampah baik organik dan non organik sebanyak ratusan kilogram. Sampah tersebut nantinya yang organik akan dijadika kompos, sedangkan yang non organik akan dibawa ke bank sampah induk.

“Kita berhasil mengumpulkan sampah daun sebanyak 60,8 kg, sampah sabut 29,4 kg, sampah plastik 62 kg, kertas 4 kg, limbah rumah tangga 28,8 kg dan sampah pecah belah 4,8 kg,” jelasnya.

TRENDING :  Belok “Ngawur” Sebabkan Tabrakan di Pekuwon

Diharapkan gerakan bersih pasar tersebut bisa menginspirasi masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga bisa tercipta Kabupaten Pati bebas sampah.

“Harapan kita tentu agar masyarakat bisa lebih peduli dengan lingkungan,” pungkasnya.(IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :