Perkembangan Tari Kretek Khas Kudus

by
Foto: Lomba tari kretek di Taman Budaya, Desa/Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Sabtu (31-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Berbagai macam kebudayaan tumbuh dan lestari di Kota Kudus, rasanya tidak berlebihan jika menyebut kota kecil ini sebagai Kota Budaya. Salah satu kebudayaan yang tetap lestari di kota kecil ini adalah Tari Kretek.

Tari ini begitu identik dengan proses pembuatan rokok kretek yang menjadi komoditi utama kota ini. Menilik lebih lanjut kisah dibalik tari kretek, isknews.com menemui Endang yang menjadi pelopor tarian ini.

TRENDING :  Rahtawu-Soco Diwacanakan Dibangun Jalan Tembus

Dalam perbincangan itu, Endang menceritakan, jika tari kretek muncul pada era Sutarjo Rustam sebagai Gubernur Jawa Tengah. “Waktu itu terjadi kegiatan peletakan batu pertama Museum Kretek. Dalam kegiatan itu Sutarjo Rustam berpesan kepada Pengurus Kebudayaan Kabupaten Kudus untuk dibuatkan sebuah tari khas Kota Kudus untuk meramaikan acara peresmian bangunan tersebut,” kata Endang.

Dari situ tercetuslah sebuah ide pembuatan tari kretek yang menggambarkan proses pembuatan rokok kretek. Kebetulan waktu itu, Dinas Kebudayaan Kabupaten Kudus mempercayakan mandat tersebut kepada Endang.

TRENDING :  Lukita, Sosok Emansipasi Wanita di Era Modern

“Awalnya sempat keget, karena saya waktu itu tidak mengetahui secara jelas proses pembuatan rokok kretek seperti apa. Karena tidak ingin mengecewakan, akhirnya saya berusaha semaksimal mungkin melakukan sejumlah survei ke perusahaan rokok untuk mengetahui proses pembuatan rokok kretek,” ungkapnya.

TRENDING :  Tingkatkan Kompetensi SDM, Disperindag Jateng Gelar Workshop Standart Kompetensi Kerja Mebel
KOMENTAR SEDULUR ISK :