Perkenalkan Keunikan Aquascape, Pemkab Kudus Gelar Kontes Perdana

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Kontes Aquscape digelar Pemkab Kudus dalam rangka memeriahkan pameran pertanian, di Balai Jagong GOR Wergu Kudus, Sabtu (3/11/2018).

Aquascape adalah seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Aquascape biasanya terdiri dari ikan disamping juga tanaman.

Catur Sulistiyanto, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, mengatakan bahwa kontes ini dalam rangka menindaklanjuti janjinya saat ulang tahun komunitas Aquascape Kudus.

“Ini merupakan pelaksanaan janji saya tahun lalu. Jadi sekarang sudah luntur (terpenuhi) yaa. Tahun depan kami sudah menyiapkan gedung untuk komunitas ikan hias Kudus di BBI Margorejo. Silakan gedung dipergunakan secara maksimal untuk aktifitas komunitas ikan hias. Sekarang dalam proses finishing ,” ujar Catur Sulistiyanto saat menyampaikan sambutan.

TRENDING :  OOT Kudus Ramaikan Bandung Lautan Ontel

Ia menjelaskan, Para anggota komunitas aquascape atau scaper (panggilan untuk pehobi Aquascape) adalah didominasi oleh anak-anak muda bertalenta khusus. Sebab tidak semua orang bisa melakukan aktifitas aquascape. Padahal ini sebenarnya adalah kegiatan bercocok tanam namun medianya didalam air.

“Memang aktifitasnya sama bercocok tanam, kalau petani kan di sawah. Nah, ini di dalam air. Hoby ini juga bila ditekuni bisa menjadi penghasilan untuk para pemuda. Ini kami suka karena njenengan semua adalah para pemuda kreatif yang positif ,” ungkapnya.

TRENDING :  Komunitas SATUKU Buka Bersama dan Berbagi Kebahagiaan Dengan Anak Yatim

Sekitar 30 peserta kontes aquascape dari berbagai kota turut memeriahkan, antusiasme mereka sangat tinggi, bahkan ada pula peserta yang datang dari Madiun, Trenggalek, dan Jakarta.

Setelah melalui penilaian yang cukup ketat, akhirnya tim juri mengumumkan para juara. Yakni dengan nilai total 345 diraih Suhebrint Suryadinata. Kemudian Juara II diraih pasangan  Dhanu dan William dengan angka 337 serta juara ketiga diperoleh pasangan romeo juliet Berry dan Danang dengan nilai 336.

Piala dan piagam Juara Pertama diserahkan Kadis Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto.  Piala dan Piagam Juara II diserahkan Hasan Aoni Azis, pembina Omah dongeng Marwah. Piala dan Piagam Juara III diserahkan Fajar Nugroho, Kabid Perikanan Dispertanpangan Kudus

TRENDING :  Launcing Bingkisan Satu Abad Al-Mubarok Qudsiyyah Persembahkan Syair Kemerdekaan

Penghargaan untuk stand Aquascape diserahkan Arin Nikmah, Plt Kabid Tanaman Pangan dan Perkebunan Dispertanpangan ..
“Sebagai penghargaan untuk juara pertama, kita lelang hasil kreasinya. Silakan yang mau membeli ,” kata Kadispertanian usai menyerahkan piala dan piagam pada para juara.

Setelah ditunggu beberapa waktu, akhirnya kreasi aquascape juara I dibeli oleh Hasan Aoni Azis, Pembina Akar Tani Makmur.
“Ini sebagai penghargaan atas kreatifitasnya. Ini adalah hasil kreatifitas dari anak muda yang positif. Karena itu harus kita dukung penuh ,” tukas Hasan Aoni Azis. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :