Perkenalkan Relawan Demokrasi KPU Gelar Festival Di CFD

oleh

Kudus, isknews.com –  Dalam upaya memperkenalkan relawan demokrasi yang bertugas membantu para komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus dalam hal sosialisasi Pemilu 2019 kepada masyarakat Kudus, pagi tadi digelar festival relawan demokrasi di arena Car Free Day (CFD) alun-alun simpang tujuh Kudus, Minggu (17/02/2019).

Relawan yang direkrut dari berbagai segmen dan basis latar belakang pada kegiatan tersebuti, mensosialisasikan berbagai alat peraga yang akan digunakan masyarakat pada saat melakukan pencoblosan di bilik suara.

Mereka menyosialisasi bentuk lembar surat suara, kotak suara dan bilik suara, kepada masyarakat dan bisa secara langsung mengetahui bentuk sebenarnya dari kotak suara hingga surat suara untuk pemilu 17 April 2019 mendatang.

TRENDING :  Pelantikan 11 Anggota PPD Mejobo Berlangsung Hikmad

Di temui di lokasi festival, Komisioner KPU Kudus Ahmad Kholil mengatakan pada Minggu ini bertepatan dengan kegiatan CFD. Pihak KPU Kudus menggelar kegiatan festival relawan demokrasi.

“Kami merekrut sebanyak 55 relawan demokrasi yang  diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pemilu,” Ujar Allan sapaan akrab Achmad Cholil..

Mereka akan mewakili tiap basis pemilih dengan jumlah sebanyak 5 relawan tiap-tiap basis, seperti kelompok perempuan, disabilitas, keagamaan dan lainnya.  “Mereka inilah nantinya yang akan membantu kami sebagai penyelenggara pemilu dalam menyosialisasikannya kepada masyarakat luas,” katanya.

TRENDING :  Bawaslu Jepara Buka Posko Pengaduan DPT

Dia menjelaskan, pembentukan relawan demokrasi tersebut berdasarkan surat KPU RI nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tentang pembentukan relawan demokrasi pemilu serentak 2019.

Para relawan demokrasi ini akan ditugaskan selama tiga bulan untuk menyosialisasikan Pemilu 2019. “Diharapkan dengan adanya relawan demokrasi dapat meningkatkan partisipasi masyarakat menggunakan hak politik mereka dalam menentukan pemimpin ke depan melalui pemilihan presiden dan pemilihan legislatif,” katanya.

Karena surat suara pada tahun ini berbeda pada pemilu sebelumnya. Ada lima surat suara yang nantinya digunakan pada pemilu 2019.

TRENDING :  Pasien ODGJ Di RSUD Loekmono Hadi Tidak Ikut Nyoblos
Para relawan saat menyosialisasikan sejumlah peraga pemilu 2019 dalam Festival relawan demokrasi yang digelar KPU Kudus di alun-alun simpang tujuh Kudus, (Foto: YM)

“Untuk kertas warna hijau untuk DPRD kota/kabupaten, kemudian kertas suara warna biru untuk memilih DPRD provinsi, surat suara warna kuning untuk DPR RI, surat suara warna merah untuk DPD, dan surat suara abu-abu untuk melih capres dan cawapres,” terangnya.

Untuk itu, harapannya supaya masyarakat mengetahui tata cara pemilu. Mulai dari memilih hingga bentuk surat suara.

“Supaya pemilih itu tahu. Surat suara itu besar dan ada lima lembar. Dan juga pemilih terutama usianya lanjut kan bisa tahu surat suara,” ungkapnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :