Perlukah Calon Jemaah Haji Lakukan Imunisasi Influenza?

by
Perlukah Calon Jemaah Haji Lakukan Imunisasi Influenza? ISKNEWS.COM
Foto: Imunisasi Influenza pada calo jemaah haji Kecamatan Dawe, Sabtu (30-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Penyakit Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV -red) atau flu arab merupakan salah satu peyakit berbahaya dan mematikan. Bahkan, penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini merupakan penyakit endemis di daerah timur tengah dan memiliki angka kematian yang cukup tinggi.

TRENDING :  Ini dia! Obyek Wisata di Kudus Yang Layak Dikunjungi

MERS CoV merupakan penyakit gangguan pernapasan yang disebabkan oleh corona virus (jenis baru -red). Pertama kali, penyakit ini diperkirakan muncul di Arab Saudi dengan gejala Demam, Flu dan sesak napas.

Seperti penyakit pernapasan pada umumnya, MERS CoV ini ditularkan melalui udara atau droplet. Mobilitas yang tinggi di kawasan timur tengah membuat penyakit ini menyebar begitu cepat ke berbagai belahan dunia.

TRENDING :  Tradisi Tek dur di Menara Kudus Tak Lekang Oleh Zaman

Disayangkan, hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit flu arab ini. Tak hanya penyebabnya, sampai saat ini juga belum ditemukan metode pengobatan spesifik dan vaksin untuk penyakit MERS CoV.

TRENDING :  Cerita Dibalik Perubahan Nama Pengkol Menjadi Purwosari

“Saat ini tindakan pencegahan yang dapat diberikan berupa pemberian imunisasi influenza pada jemaah calon haji,” kata Penanggungjawab Program Pelaksanaan Haji Puskesmas Dawe, Muhammad Hanafi, Sabtu (30-06-2018).

KOMENTAR SEDULUR ISK :