Peroleh Dana Hibah Rp 10 M, PDAM Alokasikan Pembuatan 4000 Saluran bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Peroleh Dana Hibah Rp 10 M, PDAM Alokasikan Pembuatan 4000 Saluran bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

KUDUS, isknews.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus, memperoleh kucuran dana sebesar Rp 10 milyar. Dana yang bersumber dari alokasi dana hibah Pemerintah Pusat itu, akan digunakan untuk pembuatan sambungan jaringan air minum dengan sasaran Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), sebanyak 4000 sambungan rumah tangga (SR).
Dalam Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kudus Tahun Anggaran (TA) 2016 yang disahkan oleh DPRD Kabupaten Kudus, pada Jumat (29/7), bantuan untuk PDAM itu dianggarkan dalam pengeluaran pembeayaan yang diperuntukkan bagi investasi PDAM.
Diuraikan dalam Perubahan APBD Kabupaten Kudus TA 2016 itu, pengalokasian dana Rp 10 M untuk PDAM itu, merupakan tindak lanjut dari surat Menteri Keuangan Nomor S-15/MK.07/2016, 2 Maret 2016, perihal Penetapan Pemberian Hibah Daerah untuk program hibah air minum tahap I, dari sumber dana Pemerintah Dalam Negeri TA 2016 kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.
Dengan kata lain, penyertaan modal tersebut bersumber dari alokasi dana hibah Pemerintah Pusat yang direncakan digunakan untuk pembuatan sambungan jaringan air minum untuk MBR, agar memperoleh akses air minum yang layak dan sesuai standart air minum. Target sambungan air minum itu yang akan dipasang itu, sebanyak 4000 SR.
Pada TA 2015 lalu, PDAM Kabupaten Kudus juga menerima bantuan dana hibah dari Pemerintah Pusat yang dalam pelaksanaanya, pembuatan sambungan air minum untuk MBR pada 2015, tidak mencalai target.
Hal itu sebagaimana tertuang dalam Pendapatan Daerah APBD Kabupaten Kudus TA 2016, salah penyebab turunnya Pendapatan Daerah yang antara lain bersumber dari Lain-lain Pendapatan Yang Sah, adalah disebabkan target SR yang terpasang oleh PDAM sesuai dengan surat perjanjian hibah daerah, tidak tercapai. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  Sumiyatun," Uji Coba Air Mancur Pastikan Peralatan Berfungsi Baik "

Share This Post