Peroleh Kucuran 1,96 M Terminal Cargo Perbaiki Fasilitas Dan Kualitas Landasan Parkir

Peroleh Kucuran 1,96 M Terminal Cargo Perbaiki Fasilitas Dan Kualitas Landasan Parkir

Kudus, isknews.com – Fasilitas terminal cargo, di Jalan Lingkar selatan, depan Terminal Bus Induk, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, terus mengalami peningkatan. Pada Tahun Aggaran (TA) 2016 ini, tempat parkir yang meiliki luas 26.400 m2 dengan daya tampung sekitar 60 kendaraan pengangkut barang (truk) ituj, mendapat kucuran anggaran sebesar Rp 1,96 miliar, yang dialokasikan untuk peningkatan landasan parkir dan fasilitas lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus, Didik Sugiharto, melalui Kepala Bidang Keselamatan dan Sarana, Sunyoto, yang dihubungi isknews.com, Jumat (30/9), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu. Menurut dia, anggaran sebesar Rp 1,96 miliar itu, sumber dananya dari APBD Kabupaten Kudus TA 2016. Alokasi anggaran lebih banyak diperuntukkan untuk peningkatan landasan parkir berupa pengecoran. “Selebihnya digunakan untuk membangun fasiltas di dalam areal terminal, diantaranya untuk pembuatan taman.”

Dia selanjutnya mengungkapkan, Terminal Cargo yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus pada 23 Nopember 2004 dan mulai dioperasikan pada 18 September 2016 itu, merupakan insfratuktur ekonomi daerah yang tujuannya untuk memberikan fasilitas lahan parkir dan bongkar muat barang. Dengan lahan parkir yang luasnya memadai, yakni 26.400 m2, diharapkan akan menjadi tempatg singgah atau transit bagi kendaraan angkutan barang (cargo) dari luar kota, serta melakukan transaksi di Termninal Cargo Kudus itu. “Bagi pelaku usaha di Kudus yang tidak memiliki tempat parkir yang memadai, bisa pula menggunakan Terminal Cargo.”

Kebaradaan Terninal Cargo di jalan lingkar itu, juga dimaksudkan untuk dapat mengurai kepadatan lalu lintas di dalam kota, sehingga ketertiban dan kelancaran lalu lintas di perkotaan bisa tercipta, terutana pada jam-jam sibuk. Selain lahan parker mampu menampung sekitar 60 buah kendaraan barang, juga mempunyai lahan gudang terbuka (open storage). Luas gudang terbuka termasuk parkir itu seluruhnya 9.188 m2 itu, dapat menampung 60 buah container ukuran 40 feet dengan 3 susun, atau 120 buah container ukuran 20 feet. “Masih ada fasilitas lainnya, berupa gudang tertutup dengan luas sekitar 605 m2 yang dapat menampung barang sebanyak sekitar 2.160 m3,” ujar Sunyoto. (DM)

BACA JUGA :  Pendapatan Retribusi Parkir 2016 Terancam Tak Capai Target

Share This Post