Perpustakaan Keliling Sentuh Desa Pelosok

oleh

Pati, isknews.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten (Arpuskab) Pati mulai mengoptimalkan peranannya, termasuk dengan adanya prpustakaan keliling. tidak hanya di kota saja, tetapi layanan perpustakaan keliling juga menyasar hingga ke pelosok desa. Hal itu untuk mendorong agar masyarakat mempunyai minat baca yang tinggi.

Kepala Dinas Arpuskab Pati Suwanto mengatakan, setiap hari mobil perpustakaan keliling tersebut memang beroperasi dan selalu berpindah tempat. sementara untuk lokasinya adalah menyasar di desa-desa terpencil.

TRENDING :  Hebat! Alumni SMKN 2 Kudus Juara I Lomba Mekanik Brand Otomotif Nasional

“Alhamdulillah selama ini program perpustakaan keliling itu memang sangat membantu para guru dan anak didik. setiap kali kami datang ke lokasi, terlebih dahulu mereka sudah ada di lokasi. ketika mobil sudah dibuka, mereka langsung menyerbu dan memilih buku yang akan di baca,” terangnya, Kamis (16/11/2018).

Selain pelajar, ada juga orang-orang dewasa maupun tua yang juga turut membaca buku atau menontoton film. Apalagi, di mobil perpustakaan keliling itu memang dilengkapi dengan layar lebar, internet dan wifi yang bisa diakses masyarakat.

TRENDING :  SMP Bhakti Kudus Gunakan Ruang Kelas Untuk Perpustakaan

“Antusias masyarakat juga bagus. Kadang mereka datang ke lokasi untuk menontotn film yang kami putar di layar lebar. Selain bisa menarik perhatian, setidaknya mempengaruhi anak-anak mereka untuk mengunjungi perpus keliling itu,” imbuhnya.

TRENDING :  Ada Wifi Bagi Pengunjung Perpustakaan Yang "Ngabuburit"

Alfi Alina Husna Salah satu siswa di Desa Lahar, Kecamatan Tlogowungu mengaku sangat senang dengan adanya perpustakaan keliling itu. Sebab, banyak buku anak-anak yang di sajikan di mobil tersebut. Apalagi, dia bisa berlajar di alam terbuka.

“Sangat senang, semoga ada buku-buku baru yang di bawa kesini dan saya bersama teman-teman bisa membacanya,” kata Alfi. (wr/ym)

KOMENTAR SEDULUR ISK :