Persiapan Musim Tanam (MT) I 2015, Diperkirakan Malam Ini Penggelontoran Air Dari Waduk Kedung Ombo

Persiapan Musim Tanam (MT) I 2015,  Diperkirakan Malam Ini Penggelontoran Air Dari Waduk Kedung Ombo

KUDUS, isknews.com – Kondisi sungai-sungai di sekitar dan atau Pintu Air Wilalung di Desa Babalan, Kecamatan Undaan, debit airnya masih tam  Padahal, sesuai pemberitahuan yang diterima petani, termasuk di wilayah Kecamatan Undaan, Selasa (1/9) hari ini, adalah dilaksanakannya penggelontoiran air dari Waduk Kedung Ombo, yang nantinya akan digunakan untuk mengairi lahan-lahan sawah petani, dalam persiapan musim tanam (MT) I 2015.
Pemantauan isknews.com, di lokasi Pintu Air Wilalung, Selasa (1/9), situasi di sekitar pintu air tersebut biasa-biasa saja, tidak tampak petugas dari dinas pengairan atau anggota kelompok tani yang mengecek atau melakukan pemantauan. Beberapa orang warga masyarakat, tampak lalu lalang menyeberangi jenbatan sempit , yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saling bersimpangan itu.
Kondisi pintu air itu sendiri, yang konon buatan atau bangunan peninggalan penjajahan belanda, masih tampak kokoh, dengan cat warna biru yang masih tampak baru. Pintu air itu membagi dua, yang menghadap ke barat mengarah ke Sungai Mas di Kabupaten Demak, sedangkan yang menghadap ke utara mengarah ke Sungai Wulan, di Kabupaten Kudus.
Menurut seorang warga desa setempat, yang sudah lama tinggal di sekitar Pintu Air Wilalung, berdasarkan kebiasaan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, air dari Wadung Kedung Ombo, diperkirakan akan sampai di Wilalung pada lewat tengah malam, itu apabila pembukaan pintu air dilaksaakan hari ini, pada jam 07:00. “Itupun airnya baru sampai di saluran-saluran sekunder. Sedangkan untuk sampai di pintu-pintu air saluran irigasi di lahan-lahan pertanian, baru sekitar seminggu atau tujuh sampai sepuluh hari.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Lahan Dibiarkan Terlantar Selama Musim Hujan Petani Melon Di Kudus, Alami Gagal Panen Rp 15 Juta

Share This Post