Persyaratan Dukungan Balon Bupati Perseorangan di Kudus Minimal 45.323 Foto Copy KTP

Persyaratan Dukungan Balon Bupati Perseorangan di Kudus Minimal 45.323 Foto Copy KTP

Kudus, isknews.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kudus, meminta kepada bakal calon (balon) bupati perseorangan, agar menyiapkan persyaratan dukungan. Persyaratan dukungan itu harus diserahkan ke KPUD Kabupaten Kudus, paling lambat 25 – 29 Nopember 2017, di kantor atau Sekretariat KPUD, Jalan Ganesa Kudus. Persyaratan dukungan itu minimal sebanyak 45.323 foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga Kudus.

Hal itu disampaikan oleh Dhani Kurniawan, Divisi Teknis KPUD Kabupaten Kudus, Senin (18/09), saat dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya. Menurut dia, penyerahan persyaratan dukungan adalah tahapan yang harus dilalui oleh balon bupati, khususnya balon perseorangan. Jumlah dukungan untuk pemilihan bupati di Kudus, minimal sebanyak 45.323 foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan (suket) dari desa setempat. “Dukungan sebanyak itu, harus tersebar lebih dari 50 persen jumlah kecamatan yang ada. Kalau di Kudus ada sebanyak sembilan kecamatan, minimal lima kecamatan.”

Setalah persyaratan dukungan diserahkan, lanjutnya, KPUD akan melakukan verifikasi jumlah dukungan dan sebaran kecamatan. Apabila sudah memenuhi persyaratan sebagaimana disebutkan di atas, akan dilanjutkan dengan verifikasi administrasi, untuk melihat atau meneliti adanya dukungan ganda, ASN dan lain-lain. “Dari verifikasi administrasi itu akan bisa dilihat nama dan alamat para pendukung balon perseorangan.”

Langkah selanjutnya, KPUD akan melakukan verifikasi factual, caranya dengan mendatangi alamat warga sesuai KTP/suket yang dilampirkan dalam persyaratan dukungan oleh balon perseorangan. Verifikasi factual ini akan dilaksanakan oleh anggota Panitia Pemilihan Suara (PPS) desa setempat. “Apabila di dalam verifikasi factual ini hasilnya ada dukungan yang terpaksa dicoret, sehingga jumlah dukungan kurang dari 45.323, balon perseorangan harus mengganti sebanyak dua kali lipat,” jelas Divisi Teknis KPUD Kabupaten Kudus itu.(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Jumat ini, Paslon Terpilih Pati Bakal Ditetapkan

Share This Post