Perubah OPD Baru, Dana PKH Terlambat Dicairkan

Perubah OPD Baru, Dana PKH Terlambat Dicairkan

Blora, isknews.com (Lintas Blora) – Adanya Susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPS) baru, disinyalir menjadi penyebab terjadi keterlambatan pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ke-empat tahun 2016.

Seharusnya, pencairan dana PKH tahap empat dicairkan pada Desember 2016 lalu. Lantaran yang memiliki kuasa angggaran masih belum jelas, sehingga pusat masih belum menurunkan arahan pencairan PKH.

TRENDING :  DUKCAPIL Pusat Keluarkan Surat Tentang Gangguan Pelayanan E-KTP

Menurut Hartanto Wibowo, Kabid Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, disamping adanya pergeseran dinas baru, juga karena belum adanya petunjuk teknis untuk pencairan dana PKH tahap ke-empat.

“Jadi sampai saat ini masih menunggu,” ujarnya. Jika pencairan dana PKS sudah bisa dilaksanakan, lanjut dia, akan segera melakukan koordinasi dengan pihak Bank penyalur.

TRENDING :  Dana PKH Tahap Tiga Diusulkan Rp 1,7 Miliar Lebih

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, dalam pencairan tahap empat ini ada perubahan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Yakni menjadi 2 kali lipat dari jumlah sebelumnya. Jika pada tahap sebelumnya hanya 13.431 KPM dengan anggaran Rp 4 milyar lebih, untuk tahap ke-empat jumlah KPM sebanyak 25.074 dengan anggaran, lebih dari Rp. 10 milyar.

TRENDING :  Belum Ada Juknis Pendistribusian Penerima Dana PKH Kabupaten Pati Alami Kendala

Bertambahnya jumlah KPM tahap 4 ini, lanjut dia, ada tambahan kategori yang dulunya hanya Ibu hamil, Balita, anak sekolah SD, SMP, SMA, sekarang ditambah difabel berat dan lansia. (as)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post