Pesan Pak Bupati untuk Calon Haji, ’Yang Sabar’

KUDUS-Kabupaten Kudus tahun ini memberangkatkan 898 calon haji. Jumlah tersebut terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter). Kloter 41 telah diberangkatkan Kamis (25/8) dini hari lalu. Sedangkan dua kloter lainnya, yaitu kloter 67 dan 68, diberangkatkan Jumat (2/9) dini hari dan pagi harinya.

Bupati Kudus H. Musthofa melepas keberangkatan jamaah calhaj tersebut didampingi forkopinda, Kepala Kantor Kemenag, Sekda, dan alim ulama. Di hadapan ratusan jamaah pada dua kloter tersebut, Bupati memberikan motivasi selama menjalankan ibadah haji.

”Yang terpenting, lupakan semua urusan di rumah. Termasuk pekerjaan, bisnis, harta benda dipercayakan saja pada keluarga,” pesan Pak Bupati pagi itu.

Baca Juga :  Pertandingan bola voli indoor Porkab Kudus memasuki babak semifinal

Pesan ini penting artinya bagi kelancaran jamaah selama menunaikan semua rukun haji. Pak Bupati juga menitipkan pada camat dan kepala desa untuk tetap menjaga kondisi keamanan di seluruh wilayah, termasuk lingkungan yang ditinggal berangkat haji.

Selain itu, Pak Musthofa yang selama delapan tahun melepas pemberangkatan haji ini berpesan kepada seluruh jamaah untuk sabar. Menurutnya, inilah kunci dalam menunaikan ibadah ke tanah suci. Karena di sana akan bertemu dengan jamaah dari berbagai negara. Yang memiliki budaya dan adat yang berbeda.

”Semua jamaah harus sabar tidak perlu grusa-grusu dalam menunaikan ibadah. Ikuti semua petunjuk dari pendamping/petugas dalam menunaikan rukun haji,” pesannya.

Baca Juga :  Tekuk P Bonx Voe 3-1, Crocodile Melaju ke Babak Delapan Besar Patriot Cup

Sedangkan untuk para petugas yang tergabung dalam TPHD dan tim kesehatan diminta untuk benar-benar melaksanakan tugasnya dengan baik. Dengan penuh ketulusan dan keihlasan untuk melayani seluruh jamaah hingga semuanya bisa menjalankan ibadah.

Pak Bupati mengharapkan doa dari seluruh jamaah agar sesampainya di tanah suci, tak lupa mendoakan untuk seluruh masyarakat Kudus. Agar Kudus ini senantiasa mendapat perlindungan dalam kondisi yang baik, aman, dan nyaman, serta para pemimpinnya diberi kekuatan dalam melayani masyarakat.

Dirinya juga turut mendoakan agar semua jamaah bisa menunaikan haji ini dengan baik. Harapannya, semua selalu diberikan kesehatan, kelancaran, serta kesuksesan dalam setiap tahapan ibadah. Hingga selamat kembali ke tanah air.

Baca Juga :  Bupati Kudus Tinjau pembangunan Jembatan Tambaklulang Ploso

”Semoga semuanya tetap sehat, lancar, dan sukses dalam menjalankan ibadah haji ini. Dan pulang dengan selamat serta memperoleh predikat haji mabrur,” doanya.(rg)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?