Peternak Lebah Madu Kudus Kesulitan Lahan Angon

by
ISKNEWS.COM
Gambar ilustrasi para peternak lebah madu di area pegunungan (Foto: Istimewa)

Kudus, isknews.com – Wirausaha budi daya lebah madu, di kawasan wilayah Kabupaten Kudus bisa dikategorikan langka. Karena jenis budi daya ini selain memerlukan pengetahuan di bidang budi daya ternak madu juga menuntut nyali serta mental peternak berhadapan dengan sengatan yang menyakitkan dari lebah yang di budidayakannya. Keberadaan mereka juga semakin terdesak dengan semakin berkurangnya lahan angon. Sebab akhir-akhirnya kawasan pertanian semakin menyempit.

TRENDING :  Paguyuban Ulam Lestari, Rekatkan Silahturahmi Antar Pembudidaya Ikan Hias

Dalam sebuah kesempatan di pertemuan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, ketua Ketua Perhimpunan Perlebahan Jawa Tengah (PPJT) wilayah K ( Kudus dan sekitarnya) Muskan yang juga didampingi pengurus lainnya, mengungkapkan bila para pelaku usaha perlebahan di Kudus yang jumlahnya mencapai 200-an saat ini kesulitan melakukan angon lebah karena semakin banyak pohon randu dan pohon berbunga lainnya yang ditebangi warga. Sehingga harus keluarga kota untuk mencarikan pakan lebah-lebah madunya.

Biasanya petani membawa lebah-lebah itu dalam kotak untuk diletakkan di kawasan tanaman yang sedang berbunga. Misalnya kawasan pohon randu atau tanaman jagung. Lebah ini bisa terbang mencapai saribunga mencapai 2 kilometer dari kotak rumahnya.

TRENDING :  PPJT Cluster Kudus, Akhirnya Dapatkan Lahan Untuk Angon Lebah Madu

KOMENTAR SEDULUR ISK :