Petilasan Mbah Siti Maryam dan Sendang Pereng Pancuran. Peninggalan Situs Desa Prambatan Lor

by

Sendang Pereng Pancuran berada di Desa Prambatan Lor dukuh Pereng Kauman  Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus , sendang itu dulunya adalah Tempat Petilasan Mbah Siti Maryam. Dua situs ini merupakan peninggalan dan saksi bisu sejarah di Prambatan Lor. Bagaimana kisahnya?

Mbah Siti Maryam adalah seorang putri raja dari Kerajaan Demak Bintoro. Konon ceritanya, Siti Maryam beserta rombongan prajurit nya ingin ke jepara tujuannya mau bersilaturrohim kepada ratu Kalinyamat. Pada saat itu melewati Kudus. Sampai di Kudus Siti Maryam beserta rombongan prajuritnya kehabisan bekal yang kemudian diputuskan jika rombongan beristirahat di Dukuh Kauman . Pada saat rombongan tiba, Dukuh Kauman tengah dilanda masa panceklik, kekeringan dimana-mana . Namun saat diperjalaan , suatu ketika salah satu prajurit justru prajurit yang ikut dalam rombongan  sakit hingga akhirnya meninggal dunia.

Pada saat kekeringan itu Siti Maryam bingung bagaimana cara mencari air untuk sekedar menghilangkan dahaga. Hingga akhirnya Siti Maryam berinisiatif untuk menancapkan tongkat yang di bawanya ke dalam tanah. Dengan izin Allah SWT tanah tersebut langsung mengeluarkan sumber mata air yang mengalir begitu derasnya hingga menjadi sebuah sendang . Saat itulah sendang tersebut di juluki sendang Pereng Pancuran , dengan keluarnya air itu Siti Maryam beserta rombongannya bisa memanfaatkan untuk kebutuhannya.

TRENDING :  Syawalan Di Kesambi, Bersampan dan Musik Dangdut

KOMENTAR SEDULUR ISK :