Petugas Gabungan Sidak PKL Nakal di Pasar Baru Juwana

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Bakal ditertibkannya para Pedagang Kaki Lima (PKL) di kompleks Pasar Baru Juwana, Kamis (23/11/2017) nanti. Sejumlah instansi terkait melangsungkan himbauan dan sosialisasi kepada PKL yang tidak menaati peraturan, Selasa (21/11/017) pagi.

Penertiban perlu dilakukan, pasalnya, di sepanjang jalan turut Jalan Ki Hajar Dewantoro, Jalan Komodo, dan sejumlah jalan di sekitar pasar sering terjadi kemacetan karena banyaknya PKL yang menduduki ruas jalan.

“Bahwa rencana hari Kamis, kami dari team gabungan akan melakukan penertiban PKL yang berada di sebelah Utara dan Timur Pasar Baru Juwana. Untuk itu, hari ini kami melakukan himbauan, sosialisasi dan pemantaun langsung,” beber Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Pati, Riyoso.

TRENDING :  20 Milyar Dialokasikan Untuk THR ASN di Jepara

Sebenarnya, lanjut dia, Dinas Pasar sendiri memiliki team bersih yang salah satu fungsinya yakni, melakukan penertiban terhadap PKL yang tidak menaati peraturan yang berlaku. “Dinas pasar sebenarnya memiliki team bersih,” katanya.

Sementara itu, Camat Juwana, Teguh Widyatmoko mengatakan, pihaknya sudah sering melakukan giat patroli dan melakukan himbauan bersama Muspika Juwana. Sayangnya, himbauan tersebut belum diindahkan para PKL nakal.

“Saya bersama Polsek, Koramil, Satpol PP Kecamtan Juwana dan dari pihak pasar sendiri, sudah sering melangsungkan himbauan dan patroli rutin. Sayangnya, setelah satu – dua hari para PKL tertib, setelah itu kondisi kembali seperti semula,” keluhnya.

Selain itu, Teguh berharap agar dinas terkait mencarikan lahan yang baru penempatan parkir kendaraan dan para PKL. Dengan begitu, trotoar dan ruas jalan bersih dari PKL dan parkir liar.

TRENDING :  Peringati HKN ke 53, Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Ajak Germas

Di tempat yang sama, Kapolsek Juwana AKP Didi Dewantoro menuturkan, mendukung langkah dari Pemkab Pati untuk melakukan penertiban terhadap keberadaan PKL nakal. Karena dirinya mendapat banyak keluhan dari masyarakat terkait kemacetan di sana.

TRENDING :  TNI-Polri Gotong Royong Bangun Jalan Penghubung Desa Godo-Selowire

“Mohon kiranya dari pihak terkait untuk dicarikan petugas parkir guna menata parkir, semisal setiap 10 meter terdapat petugas parkir, sehingga parkir tidak kelihatan semrawut dan posisi parkir jangan sejajar melainkan serong,” imbuhnya.

Diketahui, dalam giat tersebut hadir Satpol PP Pati, Disdagperin Pati, Camat Juwana, Kapolsek Juwana, Kepala Pasar Baru Juwana dan Dishub Pati. Rencananya, penertiban PKL yang menyalahi prosedur pada Kamis nanti, petugas akan menggunakan peralatan berat. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :