Pintu Keluar Pengunjung Museum Kretek Belum Bisa Difungsikan

oleh

Kudus, isknews.com – Pintu gerbang yang diperuntukkan bagi pengunjung Museum Kretek Kudus yang keluar, kini pembangunannya sudah selesai. Bentuk bangunanya pun menarik, berupa gapura yang megah dan indah, serta dihiasi dengan sejumlah taman di bagian dalam. Namun pintu letaknya di sebelah utara pintu utama atau pintu masuk ke museum, belum bisa difungsikan dalam waktu dekat ini, dikarenakan belum tersedia akses jalan yang menuju ke pintu keluar itu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Museum Kabupaten Kudus, Suyanto, yang dihubungi isknews.com, Kamis (02/11), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu. Menurut dia, meskipun pintu gerbang keluar museum itu sudah selesai, namun tidak bisa segera digunakan. Pasalnya masih dibutuhkan penataan terkait arus pengunjung yang akan diarahkan melalui pintu tersebut, yakni jalan khusus menuju pintu keluar itu. “Sampai sekarang jalan itu belum ada, karena lahan di belakang pintu digunakan berjualan para PKL.”

TRENDING :  Menikmati Sunrise di Pantai Kertomulyo Pati
TRENDING :  Bupati Berikan Bantuan Bedah Rumah Sebanyak 174 RTLH di Tahun 2016

Upaya yang dilakukan pihaknya, lanjutnya, adalah mengajukan anggaran ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, untuk pembangunan jalan tersebut. Dalam pengajuan itu disertai usulan, agar pintu keluar pengunjung Museum Kretek itu bisa difungsikan pada Tahun Baru 2018. “Karena pada setiap tahun baru, pengunjung Museum Kretek dipastikan meningkat, mencapai ratusan orang. Sehingga kalau pintu masuk dan keluar menjadi satu, akan terjadi antrian panjang dan menimbulkan kemacetan lalu lintas.”

Kepala UPTD Pengelola Museum itu menambahkan, gapura pintu khusus pengunjung yang meinggalkan museum itu berukuran tinggi 6 meter, lebar 8 meter, dibangun dengan anggaran sebesar Rp 453,723 juta. Sumber dana berasal dari APBD Kabupaten Kudus TA 2017. Letak pintu keluar ini sekitar 30 meter di sebelah utara gapura pintu masuk Museum Kretek.(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :