PLN: Tarif Listrik Januari 2017 Turun, Khusus 900 VA Naik Secara Bertahap

by

isknews.com – PT PLN (Persero) secara resmi memberlakukan kenaikan tarif listrik secara bertahap bagi rumah tangga golongan mampu yang menggunakan listrik dengan daya 900 VA.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka dalam siaran pers nya mengatakan Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik (TTL) ini sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 28/2016. Permen ini menyatakan bahwa penyesuaian diberlakukan setiap bulan, menyesuaikan perubahan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika, harga minyak dan inflasi bulanan. Dengan mekanisme TA, tarif listrik setiap bulan memang dimungkinkan untuk turun, tetap atau naik berdasarkan perubahan ketiga indikator tersebut.

TRENDING :  Penyedia Jasa Tukar Uang Ambil Untung 6-10 Persen

Akibat dari perubahan nilai ketiga indikator tersebut, tarif listrik pada Januari di tegangan Rendah (TR) menjadi Rp 1.467,28/kWh, tarif listrik di Tegangan Menengah (TM) menjadi Rp1.114,74/kWh, tarif listrik di Tegangan Tinggi (TT) menjadi Rp 996,74/kWh, dan tarif listrik di Layanan Khusus menjadi Rp 1.644,52/kWh.

“Penyesuaian tarif bulan ini termasuk stabil. Penurunan rata-rata sebesar Rp 6,” kata Made dalam keterangan tertulis di Jakarta (2/1)

TRENDING :  Sepi Pembeli PKL GOR Wergu Kudus Curhat Ke Dewan
KOMENTAR SEDULUR ISK :