PMI Kudus Gelar Uji Kecakapan PMR Tingkat Mula, Madya dan Wira

oleh

Kudus, isknews.com – Dalam mensukseskan Program Kerja, PMI kabupaten Kudus menggelar acara Uji Kecakapan PMR, yang diselenggarakan di SMPN 2 Jati Kudus, Minggu (23/10/2017). Tahun ini, PMI Kabupaten Kudus baru pertama kalinya mengadakan tiga uji kecakapan sekaligus. Uji kecakapan tersebut meliputi 3 Materi, diantaranya Gerakan Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama (PP) dan Tri Bakti ke 2 (Berkarya dan berbakti di masyarakat).

Kepala Markas PMI Kudus, Arsi, melalui Staf bidang SDM, Thoriqul Mufid menjelaskan, 912 peserta dari 30 sekolah mengikuti uji kecakapan tersebut, diantaranya Mula 149 anak, Madya 371 anak, dan Wira 392 anak. Sebelum Uji Kecakapan, seluruh anggota PMR mengikuti apel bersama yang diadakan di halaman sekolah SMPN 2 Jati Kudus.

TRENDING :  Danramil 08/Gebog Kapten Inf. A. Bashir Laksanakan Sholat Idul Adha 1438 H Di Masjid At Taqwa Gebog

Mereka dibariskan sesuai kontingen masing-masing yang didampingi oleh pembinanya. Seusai apel, setiap kontingen dari masing-masing sekolah diberi kode kontingen dan seorang penanggung jawab dari anggota FORPIS yang nantinya akan mengarahkan dan membantu mereka dalam mengikuti kegiatan itu. Kemudian, masing-masing kontingen menuju posnya masing-masing.

Kegiatan selanjutnya adalah tes tertulis dengan materi Gerakan Kepalangmerahan dengan jumlah soal 20. Sedangkan untuk materi Pertolongan Pertama dan Tri Bakti ke 2 (Berkarya dan berbakti di masyarakat) kita menggunakan sistem interview dan tanya jawab, “Diharapkan peserta bisa lebih partisipatif,” ungkapnya

TRENDING :  Grand Opening Qudsiyyah Putri Warnai Peringatan 101 Tahun Qudsiyyah

”Secara Umum, tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk mengetahui atau mengidentifikasi tingkat Pengetahuan dan keterampilan materi pelatihan yang didapat di unit-unit PMR sekolah, serta untuk memberikan bentuk pengakuan dan penghargaan formal atas kemampuan yang dimiliki oleh anggota dan unit PMR sekolah,’ungkap Thoriq

TRENDING :  Tahapan Seleksi JPT Pratama Sekda Kudus Berjalan Lancar

Sementara itu, Salah seorang peserta ditemui isknews.com mengatakan, “Awalnya saya takut untuk mengikuti kegiatan itu, karena saya belum menguasai materi-materinya, namun ternyata rasa keinginan saya lebih kuat dibanding rasa takut saya, hingga akhirnya saya memutuskan untuk ikut. Walaupun seperti lagi ujian, tapi kegiatannya menyenangkan, apalagi pas saling adu yel-yel. Seru sekali, kami juga kompak, sampai-sampai lawan kami menyerah,” Ungkap Nuryanah, siswi kelas XI SMA Muhammadiyah Kudus (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :