paijo

PNS Kudus Nyabu Terancam Dipecat Tidak Hormat

Kudus, isknews.com – Pekan kemarin Polres Kudus berhasil mengamankan dua warga Getas Pejaten yang tertangkap tangan membawa narkoba jenis sabu seberat 0,4 gram. Satu di antaranya merupakan seorang PNS yang bekerja pada Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Kudus, sebagai salah satu pegawai di Pasar Bitingan. Kepada polisi tersangka S (51) yang merupakan PNS mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari seseorang berinisial NJ yang saat ini masih buron.

paijo

Menanggapi hal tersebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kudus Joko Triyono menegaskan, PNS yang terlibat sabu akan diberhentikan secara tidak hormat.  Karena, lanjutnya, mengonsumsi narkoba merupakan salah satu pelanggaran berat dan hukuman yang setimpal yakni pemecatan.

Baca Juga :  BERAWAL DARI INGIN BERKENALAN, TEGA BUNUH MAHASISWI ASAL KUDUS

”Untuk sementara ini PNS tersebut sudah kami berhentikan sementara. Kita masih menunggu inkrah dulu sebagai pedoman dalam pemberhentian secara tidak hormat,” tuturnya kepada isknews.com saat ditemui di ruangannya, Selasa (23/8).

Joko mengungkapkan, pemberhentian sementara ini sudah sesuai dengan PP 53 tahun 2010 dan diperkuat dengan surat penahanan yang bersangkutan. Pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait dalam hal ini Disdagsar dan pihak kepolisian memantau proses hukum yang berjalan. ”Tentunya apabila sudah diberhentikan tidak hormat hak yang dimiliki juga secara otomatis tidak berlaku termasuk jatah pensiun,” jelasnya.

Baca Juga :  Polwan Gadungan Pinjam Motor di Polsek, Ditangkap

Senada dengan Joko, Kepala Disdagsar Kudus Sudiharti saat dikonfirmasi di Pendapa kabupaten mengatakan, pihaknya masih menunggu proses hukum yang berlaku. Sebelum kasus ini terungkap, tuturnya, sudah ada laporan masuk kepadanya dari istri tersangka S yang mengaku sudah beberapa bulan tidak diberikan nafkah. Selain itu S sendiri diketahui seringkali mangkir dari pekerjaan dan sudah sering mendapat peringatan.

Diketahui S merupakan PNS yang bekerja di Pasar Bitingan selama 10 tahun dua bulan dan tercatat golongan terakhir 2A. Dia ditangkap jajaran Polres Kudus bersama temannya MY (37) saat mengonsumsi sabu pada Jumat 19 Agustus 2016. Akibat perbuatannya kedua tersangka dijerat Pasal 112 ayat (1) atau Pasal 127 ayat (1) huruf (a) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara dan paling lama 12 tahun penjara. (MK)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?