Pokdarwis Gapuro Makmur Juara Harapan II Konvensi Pokdarwis se-Jawa Tengah

oleh
Pokdarwis Gapuro Makmur Juara Harapan II Konvensi Pokdarwis se-Jawa Tengah
Foto: Anggota Pokdarwis Jateng saat foto bersama di depan stand "Gapuro Makmur" Desa Jepang Kecamatan Mejobo, Kudus. (istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gapuro Makmur Desa Jepang, Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus berhasil tampil sebagai Juara Harapan II bidang Konvensi Pokdarwis se-Jawa Tengah yang diselenggarakan di kawasan wisata Waduk Malahayu, Brebes Jumat-Minggu (20-22/7/2018) kemarin.

Kegiatan Apresiasi dan Konvensi Pokdarwis diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Provinsi Jawa Tengah.

Rentetan ucapan selamat dan semangat juga diucapkan sesama pokdarwis di Kudus, tak terkecuali Kabid Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus, Sri Wahyuningsih. “Selamat kepada Pokdarwis Gapuro Makmur, yang telah mengharumkan Kudus, luar biasa,” ucapnya.

Selain itu, Abhar, salah seorang pemuda pelopor Kudus yang juga pegiat pariwisata Desa Loram Kulon, Jati, Kudus tidak ketinggalan turut mengucapkan. “Selamat Pokdarwis Gapura Makmur Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kudus yang meraih juara harapan II pada lomba Konvensi Pokdarwis tingkat Jateng, Persiapan yang hanya 4 hari menjadi bukti bahwa kalian hebat,” tulisnya di story whatsapp.

TRENDING :  Tempat Parkir Taman Lampion Dikeluhkan Pengunjung, Disbudpar Kudus Siap Evaluasi
Pokdarwis Gapuro Makmur Juara Harapan II Konvensi Pokdarwis se-Jawa Tengah
Foto: Para juara dari lomba kegiatan apresiasi dan konvensi Pokdarwis Jateng 2018 foto bersama usai menerima penghargaan. (istimewa)

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Jepang Mejobo, Budi Handayani bersyukur kepada tuhan yang maha esa, telah diberikan juara harapan II. Tak lupa, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua warga Kudus, khususnya yang terlibat dalam event ini. “Saya mewakili anggota Pokdarwis Desa Jepang, hanya bisa memberikan juara harapan II untuk Kudus tercinta, semoga di tahun-tahun berikutnya, prestasi Kudus bisa lebih baik lagi ke depannya,” harap Bunda Yani, sapaan akrabnya.

Diceritakannya, kegiatan apresiasi dan konvensi Pokdarwis ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing dengan kampanye sadar wisata dan sapta pesona. “Dari kegiatan ini, kami bisa belajar bersama meningkatkan kompetensi SDM sesama pelaku pariwisata,” katanya.

Di dalam rangkaian kegiatan ini, lanjut Bunda Yani, diberikan soal-soal dari dewan juri untuk dipecahkan oleh delegasi Pokdarwis yang diutus Kabupaten/Kota. Adapun materinya antara lain mengenai kelembagaan dan profil masing-masing Pokdarwis. “Mereka harus memaparkan organisasinya berikut program dan kegiatan yang dilakukan,” ujarnya.

TRENDING :  Diduga Akibat Puntung Rokok, Lahan Tebu Kembali Terbakar

Selain itu juga diberi soal tertulis mengenai Sapta Pesona, Sadar Wisata. Lalu para peserta juga diajak mengunjungi objek wisata Mangrovsari di Brebes, kemudian diminta untuk menyampaikan paparan mengenai apa yang dilihat untuk dikaitkan dengan Sapta Pesona.

Kemudian, lanjut Bunda Yani, masing-masing kabupaten/kota juga diminta menggelar produk mereka yang dipamerkan dalam stan-stan yang telah disediakan. “Ada yang membawa kuliner khas, kerajinan tangan daerah, kesenian, bahkan ada yang menggelar atraksi seperti membatik, membuat keramik, kerajinan, dan sebagainya,” terang Bunda Yani.

Diketahui, untuk perlombaan bidang konvensi, juara I diraih pesona bahari Rembang, lalu juara II dan III bidang Apresisasi dan Konvensi adalah Pokdarwis KWIK Berkah Mandiri (Kebumen) dan Rukun Santoso (Lerep, Ungaran, Kabupaten Semarang).

TRENDING :  Begini Tanggapan Bupati Pati terkait Polemik SKTM untuk PPDB

Kemudian, secara berurutan, juara harapan I, II, III diraih Pokdarwis Pandanaran (Kota Semarang), Gapuro Makmur (Kudus), Deworejo (Sragen). Bidang Apresiasi Kelembagaan juara I Pokdarwis Mangrovesari Brebes, juara II Rukun Santoso Kabupaten Semarang, juara III Jayakatwang Purworejo. Sedangkan juara Harapan I, II, II masing-masing Nirwana Sunrise Kabupaten Magelang, Padi emas Boyolali dan Pandanaran Kota Semarang.

Untuk gelar produk Pokdarwis juara I diraih Pokdarwis Pesona Bahari Rembang, II Rukun Santoso Kabupaten Semarang, III Pandanaran Kota Semarang dan juara favorit Gegerhalang Malahayu Brebes.

Untuk para juara bidang apresiasi, konvensi, dan gelar produk, masing-masing mendapatkan uang pembinaan, sertifikat, trofi, ditambah bisa berpartisipasi mengikuti studi banding. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :