Pokdarwis Jepang Mejobo Kudus Sambangi Sekolah Kenalkan Anyaman Bambu

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Sejumlah siswa siswi SD 3 Hadipolo Jekulo , tepatnya kelas 4, 5 dan 6 mendapat pelatihan kreasi dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kudus, Kamis (27/9/2018).

Budi Handayani, Ketua Pokdarwis Desa Jepang mengatakan, Mereka para siswa-siswi kita ajak membuat prakarya berupa tempat yang terbuat dari bambu (Rantang, Red). Kita sediakan rantang setengah jadi, untuk selanjutnya siswa disuruh meneruskan dengan cara memasukkan bambu berwarna merah dan biru yang sudah dipotong tipis -tipis. “Aktifitas tersebut, secara tidak langsung bisa menstimulasi kecerdasan otak kanan anak,” tandasnya.

TRENDING :  Bati Wanwil Koramil Gebog Menjadi Irup Upacara Bendera Di SDN 02 Desa Jurang

Ia menjelaskan, seperti diketahui, Otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Fungsi otak kiri berkaitan dengan kecerdasan numerik, kemampuan menganalisa, kemampuan berlogika, ketrampilan menulis dan untuk ingatan jangka pendek.

TRENDING :  Petani " Parijotho " Sekali Panen 1 juta

Sedangkan otak kanan kita digunakan untuk mengenal bentuk, mengelola emosi, kemampuan imajinasi, ketrampilan bermusik, ketrampilan berkreasi, pengenalan warna, dan untuk ingatan jangka panjang. “Jadi kegiatan ini sangat bermanfaat,”imbuhnya.

Sudah banyak sekolah yang telah disambangi sebelumnya oleh pokdarwis dari rintisan desa wisata Jepang Mejobo Kudus. Ia menambahkan, “Selain kita yang mendatangi, juga bisa request waktu, tempat atau bisa digabungkan dengan wisata lain, sebut saja saat di Museum Kretek. Anak selain belajar anyaman, juga sekaligus mengenal museum kretek, rumah adat Kudus, dan ke wahana bermain air dilokasi yang sama”. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :