Polair Cek Peralatan Keamanan Kapal Penyebrangan ke Karimunjawa

by
isknews

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Terbakarnya KM Dharma Kencana 2 di perairan Karimunjawa, akhir pekan lalu menjadi pelajaran berarti bagi pemangku kepentingan di Jepara. Salah satunya Satpolair Polres Jepara yang melakukan tindakan pencegahan. Pencegahan ini dilakukan dengan pengecekan kesiapan sejumlah kapal motor yang akan berangkat ke Karimunjawa di dermaga Kartini Jepara, Rabu (1/11/2017).

KMP Siginjai yang hendak berlayar ke Karimunjawa menjadi sasaran pemeriksaan ini. Kapal penumpang dan barang ini diperiksa kelengkapan keselamatan yang ada di dalamnya. Pemeriksaan ini untuk memastikan ketersediaan peralatan keamanan agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa teratasi dengan baik.

KBO Satpolair Polres Jepara Iptu Lukman Fuadi menjelaskan, pemeriksaan ini sebenarnya menjadi kegiatan rutin kepada setiap kapal yang akan berlayar. Hanya saja ini lebih diintensifkan pasca ada peristiwa kebakaran kapal di perairan Karimunjawa. “Ini untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan laut seperti yang menimpa KM Dharma Kencana 2, pekan lalu,” ujarnya, Rabu (1/11/2017).

TRENDING :  Sebarkan Virus Jurnalisme Warga dengan Kursus Jurnalisme

Lukman menambahkan, pemeriksaan yang dilakukan di KMP Siginjai ini meliputi peralatan pendukung keselamatan penumpang. Seperti pelampung, alat pemadam kebakaran hingga perahu darurat untuk evakuasi penumpang. “Peralatan seperti itu mutlak harus tersedia dengan baik di kapal,” imbuhnya.

TRENDING :  Hilang Tiga Hari, Agung Tewas di Embung

Selain memeriksa sejumlah peralatan, jajaran Satpolair juga memeriksa barang-barang milik penumpang. Ini dilakukan untuk memastikan agar penumpng tidak membawa barang larangan atau berbahaya seperti minuman keras, narkoba atau bahan peledak. “Iya, selain peralatan kita juga periksa barang milik penumpang agar tidak ada barang berbahaya yang ada di kapal,” jelasnya. (ZA)

TRENDING :  Kirab Budaya Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Rembang ke 276

KOMENTAR SEDULUR ISK :