Polisi Pengguna Senjata Api di Tes Psikologi

oleh

Pati, ISKNEWS.COM – Jajaran kepolisian Resor Pati yang mengunakan senjata api (senpi) dilakukan tes psikologi di Aula SMA 2 Pati, Selasa (23/10/2018). Diharapkan, dengan adanya tes tersebut, dapat mengetahui layak atau tidaknya polisi itu memegang senjata api. Sehingga, tes tersebut rutin dilakukan.

Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti melalui Kabag Sumda Kompol Sumarni mengatakan, tes psikologi ini merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh anggota yang memegang senpi. usai tes ini, mereka tidak bisa langsung menggunakan senpi, tetapi masih ada penelitian personil.

TRENDING :  Konsolidasi Partai Gerindra DPC Pati

Lanjut Sumarni, anggota yang memegang senpi ini, seperti Reserse, Kriminal, Narkoba dan Pam Obvit setiap satu tahun sekali diwajibkan untuk mengikuti tes psikologi. Itu untuk memastikan bahwa yang bersangkutan benar-benar masih dalam koridor yang sesai aturan.

“Dari hasil penilaian tes psikologi ini, dapat memperlihatkan karakter masing-masing anggota. Bagi anggota yang dinyatakan lulus tes psikologi, tidak serta merta langsung bisa menggunakan senpi, tetapi ada tahapan selanjutnya,” imbuh Marni.

TRENDING :  Warga Lengkong Terima Sertifikat Gratis

Peserta yang lolos tes psikologi akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes kesehatan untuk memastikan layak atau tidak untuk memegang senpi. selain itu, tes kesehatan juga menjadi pertimbangan penting untuk penggunaan senpi ini.

Dirinya menambahkan, untuk tujuan dilaksanakannya tes psikologi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perangai yang dimiliki anggota. Sebab, mereka menggunakan senpi, sehingga secara fisik dan mental, semuanya harus di tes.

TRENDING :  Bupati Pati Serahkan 19 Rekomendasi Pencairan DD Tahap II

“karena ini membawa senjata api, kami harus tahu tempramennya bagaimana pada saat menghadapi situasi di lapangan ketika ada tekanan-tekanan. Bisa nggak mengendalikan dirinya untuk mengamankan orang lain tanpa menggunakan senpi,” tegasnya. (WR/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :