Polres dan FKDW Pati Deklarasi Anti Hoax

oleh
Forum Komunikasi dan Diskusi Wartawan (FKDW) Pati siap bekerjasama dengan Polres Pati melawan hoax. (istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Maraknya pemberitaan hoax yang beredar di masyarakat dewasa ini, dinilai banyak kalangan semakin meresahkan. Bahkan, berita yang tidak bisa dipastikan kebenarannya tersebut, memungkinkan untuk memecah belah kerukunan masyarakat.

Ditambah, menjelang kontestasi Pilgub Jateng 2018, jika masyarakat tidak jeli memilih dan memilah berita, bukan tidak mungkin akan menciptakan intoleransi di tengah masyarakat.
Berkaitan dengan hal tersebut, jajaran Kepolisian Resort Pati menggandeng sejumlah elemen masyarakat, termasuk wartawan mendeklarasikan anti hoax.

Koordinator Forum Komunikasi dan Diskusi Wartawan (FKDW) Pati, Moh. Noor Efendi menyambut baik gerakan yang dilakukan jajaran kepolisian tersebut. Ia bahkan mengungkapkan, jika selama ini FKDW sudah melakukan perang melawan hoax.

TRENDING :  Polres Pati Bentuk Team Khusus Tanggap Bencana Alam Dan Kebakaran
Forum Komunikasi dan Diskusi Wartawan (FKDW) Pati siap bekerjasama dengan Polres Pati melawan hoax. (istimewa)

“Kami dari FKDW sudah sejak beberapa bulan ini melakukan pelatihan literasi ke sejumlah sekolah di Pati. Selain berbagi ilmu kewartawanan, kami juga mensosialisasikan gerakan melawan hoax kepada para generasi muda,” terang Noor Effendi.

Ditambahkan, gerakan anti hoax yang diprakarsai Polres Pati seharusnya sudah dilakukan lebih awal, sehingga efeknya di masyarakat lebih terasa.

TRENDING :  Desa Penyelenggara Pilkades yang Rawan Bakal Dijaga Ketat

“Ramai-ramai hoax itu kan sudah lama sekali, tapi baru dilakukan gerakan melawan hoax pas menjelang Pilgub Jateng 2018. Tapi bagaimanapun juga, kami menyambut baik gerakan tersebut, dan siap bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan sosialisasi sampai ke tingkat paling bawah di masyarakat,” tegas Noor Efendi.

Kapolres Pati, AKBP Maulana Hamdan, SIK melalui Kasubbag Humas Polres Pati, AKP Urip Prihadi, usai melakukan deklarasi Anti Hoax di Sekretarian FKDW Pati, Jumat (09-03-2018) mengatakan, bahwa Polri dan wartawan mempunyai tugas yang sama, yaitu menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat.

TRENDING :  Jelang Puasa Tradisi Bersihkan Makam Masih Kental

“Sedikit banyak polisi dan wartawan mempunyai tugas yang sama, yaitu sama-sama menyampaikan kebenaran kepada masyarakat. Dalam memerangi dan menangkal berita hoax pun, kami akan selalu bersinergi dengan rekan-rekan wartawan.” ujar Urip.

Polres Pati, imbuh Urip Prihadi, sangat terbantu dengan program Gerakan Literasi Sekolah yang dilakukan FKDW. Pasalnya, dengan program tersebut, diharapkan mampu menjadi garda terdepan untuk memerangi hoax. (IN/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :