Mantabkan Kesiapan Pengamanan TPS, Polres Kudus Apelkan Pasukan

oleh
Kapolres Kudus saat memriksa uniform anggota (foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Sebagai manifestasi kesiapan aparat Polres Kudus jelang gelar Pemilu 2019 yang akan berlangsung besok, kemarin Polres Kudus menggelar Apel Pengecekan sekaligus pergeseran Pasukan dalam pengamanan pemungutan dan pengitungan surat suara Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Kudus yang digelar di Halaman Mapolres Kudus, Senin (15/04/2019).

Bertindak sebagai pemimpin Apel Kapolres Kudus AKBP Saptono dengan di dampingi Pejabat Utama Polres, Kapolsek jajaran, Perwira serta ratusan personil Polres Kudus yang dilibatkan dalam pengamanan TPS.

Apel Pengecekan dan pergeseran Pasukan pengamanan pemungutan dan pengitungan surat suara Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Kudus (Foto: istimewa)

Dalam amanatnya, Apel pergeseran personil pam TPS ini merupakan representasi dari kesiapan kita atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara dan seluruh rakyat Indonesia untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran pemungutan suara pemilu tahun 2019.

Pemilu merupakan Agenda Nasional dari perjalanan demokratisasi di Indonesia, sebagai proses dari sistem politik demokrasi yang harus disikapi dengan penuh kedewasaan dan kematangan berpikir, serta bertindak dalam menghadapi setiap tahapan proses yang berjalan.

TRENDING :  Sedang Di Luar Kota Saat Pemilu, Ini Cara Salurkan Hak Pilih

Proses pemilu tahun 2019 ini pertama dilaksanakan secara serentak, yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden bersamaan dengan pemilihan legislatif, oleh karena itu perlu dilakukan persiapan secara fisik maupun mental.

“Kita patut bersyukur kepada allah SWT, bahwa tahapan pemilu tahun 2019 sampai saat ini dapat kita amankan dengan baik, tanpa ada hambatan yang berarti, hal ini merupakan wujud dari kesiapan dan kebersamaan kita semua, yang dilandasi dengan nilai-nilai Tribrata, Catur Prasetia serta loyalitas dan soliditas personel Polres Kudus, untuk itu saya ucapkan terima kasih,” ujar Kapolres.

Puncak kegiatan pengamanan yang kita lakukan adalah Tahapan Pemungutan Suara dan Perhitungan Suara di TPS, pada hari Rabu tanggal 17 April 2019. Banyak pihak yang berkepentingan, mulai dari kepentingan politik, kelompok dan perorangan, sehingga berpotensi menimbulkan kerawanan.

TRENDING :  Warga Kudus Yang Saat Pemilu Masih Berada Di Luar Negeri, Wajib Urus Form A5

Potensi kerawanan yang paling tinggi adalah ketika proses distribusi logistik kotak surat suara dari PPK sampai ke tempat pemungutan suara (TPS) dan sebaliknya serta pada saat berlangsungnya pungut dan hitung suara, terutama setelah perhitungan suara di TPS.

”Jumlah personil Polres Kudus yang di gelar dalam tugas pengamanan TPS Pemilu tahun 2019 sebanyak 546 Personil untuk mengamankan 3049 TPS yang tergelar di Kabupaten Kudus,” imbuhnya.

Sebelum mengakhiri amanat, kepada seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan pemungutan suara pemilu tahun 2019 ini, Kapolres menekankan dalam beberapa hal agar senantiasa selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta memohon ridho-nya agar Pemilu tahun 2019 dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses.

Kenali wilayah tugasmu dan laksanakan tanggung jawabmu sebaik-baiknya dengan mengedepankan Profesionalitas dan Proporsionalitas serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas.

TRENDING :  Penyampaian Hasil Penelitian KPU Kudus: Berkas PAN 100 Persen TMS

“Pegang teguh komitmen netralitas kita dalam pemilu 2019 sehingga kita dapat berdiri di atas semua golongan tanpa memihak,” tegasnya.

Lakukan koordinasi, komunikasi dan kerjasama dengan penyelenggara, pengawas, petugas keamanan TPS (Linmas), dan TNI serta unsur lain yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu 2019.

Jangan pertaruhkan masa depan bangsa dan negara ini hanya untuk kepentingan sesaat, mari kita sukseskan Pemilu tahun 2019 dan laksanakan tugas pengamanan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Jaga kondisi Fisik dan Pisikis agar tetap prima, manfaatkan bekal kesehatan yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya agar dapat melaksanakan tugas dengan baik,” pungkas AKBP Saptono.

Setelah selesai menyampaikan amanatnya, Kapolres yang didampingi Pejabat Utama Polres langsung melaksanakan pengecekan sikap tampang serta perlengkapan diri dalam menunjang pengaman di TPS kepada personil yang terlibat dalam pengamana TPS. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :