Polres Kudus Gelar Rakor Operasi Mantab Brata Candi Amankan Pemilu 2019

oleh
Para peserta Rakor Mantab Brata Candi 2018 berpose bersama di Aula Panaluan Mapolres Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Jadwal kampanye Pileg dan Pilpres 2019 yang tinggal menghitung hari, suhu tinggi akan terasa pada tanggal 23 September 2018, karena pada saat itu akan dilaksanakan tahapan kampanye Pileg dan Pilpres 2019 di wilayah Kabupaten Kudus.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Kudus, AKBP Agusman Gurning, saat menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Candi – 2018 dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 di wilayah Kabupaten Kudus, yang dilaksanakan kemarin di Aula Panaluan Mapolres Kudus, Senin (17/09/2018).

“ Bahwa pada tanggal 23 September 2018 merupakan moment penting yang harus kita sikapi bersama dalam hal pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang, pernyataan Forkopimda yang disampaiakan oleh Gubernur Jawa Tengah bahwa suksesnya Pemilu yang menjadi penanggungjawab keseluruhan adalah Kepala Daerah, dengan demikian semua leading sektor ikut bersama bertanggunjawab dalam mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019,” ungkapnya.

TRENDING :  Serius Perangi Judi, Polres Kudus Ungkap 12 Kasus Di Bulan Januari

Ditambahkannya, “Tujuan rapat ini adalah menyamakan persepsi mengenai persiapan Pileg dan Pilpres 2019 di Kab. Kudus, bahwa pada tanggal 23 September 2018 kegiatan pengamanan sudah mulai dilaksanakan yang akan dilakukan oleh Polres dan Kodim/0722  mulai dari kampanye hingga selesai penghitungan suara,” tambahnya.

Sementara Pj. Bupati Kudus Riena Retna Ningrum, yang hadir dalam rakor tersebut menyampaikan, Bahwa Pemda Kab.Kudus mempunyai Desk Pilkada harus mempuyai posko desk pilkada, agar nanti dapat terbagi dalam Tim sehingga dapat efektif dalam monitoring pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

TRENDING :  Tahun Politik, Polres Ajak Ponpes Ikut Jaga Kondusifitas

“Diharapkan Polres dan Kodim Kudus dapat tetap menciptakan kondusifitas agar dalam pelaksanaan kampanye hingga penghitungan suara Pileg dan Pilpres 2019 Kab. Kudus dapat terlaksana dengan aman dan sukses, terkait jumlah DPT, hal tersebut merupakan salah satu tahapan yang berpotensi menimbulkan konflik, maka harus diantisipasi dengan baik oleh institusi terkait.,” tuturnya.

Kepada ASN, Pj Bupati berpesan. Harus tetap dijaga tentang netralitas para ASN di Kudus dan tetap berlaku tertib,.

“Begitu juga rekan media, agar dapat lebih bijak dalam memberi informasi kepada masyarakat, supaya tidak memicu suhu politik di wilayah Kabupaten Kudus.

Di tempat yang sama,  Ketua KPU Kudus Moh Khanafi, mengapresiasi semua stake holder yang sangat perhatian kepada KPU Kudus sehingga Pilkada 2018 Kudus kemarin, dapat terlaksana dengan kondusif.

TRENDING :  Panglima TNI : Bangsa Indonesia Berjiwa Patroit dan Kesatria Harus Bersatu

“ Yang telah dilakukan KPU dalam persiapan Pileg dan Pilpres 2019 yaitu mempersiapkan beberapa agenda diantaranya program dan kesiapan SDM di KPU Kudus, sedangkan PPK maupun PPS sudah dibentuk, ada 792 PPS dan total terdapat 880 personel penyelenggara untuk saat ini,” pungkasnya.

Selain dihadiri Kapolres, PJ Bupati dan Ketua KPU Kudus, Rakor juga dihadiri Pasiops Kodim 0722, Ketua Komisi A DPRD, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kudus, etua Bawasalu serta perwakilan OPD terkait pelaksanaan Pemilu 2019 Kudus. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :