Polres Kudus Tangkap Dua Pelaku Pemalsu STNK

oleh
Kasatreskrim Polres Kudus AKP Agus Supriyadi, saat menggelar kasus pemalsuan STNK di Mapolres Kudus (foto: Yuliadi)

Kudus, isknews.com – Satreskrim polisian Resor Kudus berhasil meringkus dua orang terduga pemalsuan STNK, keduanya yakni RS (26) dan MM (30), warga  Kabupaten Rembang, modus pemalsuan keduanya adalah untuk kelengkapan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sejumlah Sepeda Motor hasil curian.

Dalam jumpa pers dihadapan sejumlah awak media yang dilakukan pagi tadi di Mapolres, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning, melalui Kasat Reskrim AKP Agus Supriyadi, menyampaikan bahwa para pelaku sebelumnya tidak pernah bekerja di Samsat atau instansi lain yang berkaitan dengan pembuatan STNK.

TRENDING :  Enam Kapolsek Di Kudus Diganti

Tertangkapnya para terduga pemalsu STNK ini terungkap saat dalam sebuah razia kendaraan bermotor yang dilakukan oleh satlantas polres Kudus ditemukan salah satu pengendara bermotor ini menggunakan STNK Palsu.

“Dari situlah kemudian kami menyusuri darimana pengendara ini memperoleh atau mebuat STNK palsu tersebut, lalu disebutlah kedua nama terduga ini, sehingga kami lakukan pengejaran dan penangkapan kepada mereka,” terang AKP Agus Supriyadi.

Kemampuan mencetak STNK palsu tersebut didapat secara otodidak dengan memindai STNK asli yang kemudian melalui Program Photoshops, mereka mengolahnya menjadi STNK baru sesuai order dari pemesan.

TRENDING :  Curah Hujan Mulai Tinggi Pemkec Mejobo Gelar Rakor Kesiapan Antisipasi Bencana

“Jadi awalnya RS memesan untuk dibiatkan STNK palsu kepada MM yang notabene bekerja di tempat percetakan atau fotocopy, dari MM selanjutkan men Scan Stnk milik dirinya dan di edit sesuai data yang dipesan RS,” terang Kasatreskrim.

Di tambahkan oleh Kasatreskrim, media dan material yang digunakan oleh para pelaku terbilang sederhana dan secara kualitas terlihat jauh dari bahan yang asli serta warna yang pudar.

“ Secara kasat mata juga mudah dibedakan terutama pada bagian Pita dan Hologramnya yang kasar, berbeda dengan material asli yang hanya didistribusikan kepada pihak Kepolisian, ini kertasnya biasa yakni kertas HVS yang banyak dijumpai di toko-toko alat tulis dengan mudah,” imbuhnya.

TRENDING :  PEMKAB AMANKAN ASET DI KUDUS PLASA

Dari kedua pelaku diamankan Barang Bukti berupa sebuah printer merk Cannon, sebuah Scan merk Cannon, sebuah alat pres, satu unit komputer merk Samsung, 1 Flashdisk, 1 set tinta printer, 1 STNK palsu.

Kini untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku di amankan di Mapolres Kudus dan dijerat pasal 263 KUHPidana dengan ancaman hukuman 6 (enam) tahun. (YM/YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :