Posluhdes Untuk Memutus Ketergantungan

oleh
Posluhdes Untuk Memutus Ketergantungan
Foto: Penyuluh Pertanian dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa tengah, Titik Nawangpasti (kerudung mereh-red) memberikan penjelasan tentang Posluhdes di Desa Bageng, Kecamatan Gembong , beberapa waktu lalu. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Indonesia merupakan negara besar dibidang pertanian yang saat ini membutuhkan peningkatan hasil pertanian guna ketahanan pangan . Oleh karena itu, berbagai terobosan dilakukan pemerintah, salah satunya dengan pembentukan Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes). Pembentukan Posluhdes diharapkan bisa menjadi lembaga penyuluh swadaya selain dari penyuluh pemerintah dan swasta.

Penyuluh Pertanian dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa tengah, Titik Nawangpasti menyampaikan hal tersebut pada saat memberikan penyuluhan dalam pembentukan Posluhdes di Desa Bageng, Kecamatan gembong, Kabupaten Pati belum lama ini. Seperti diketahui Desa Bageng merupakan sentra penghasil jeruk Pamelo di Kabupaten Pati.

TRENDING :  Anggaran Habis, Droping Air Andalkan CSR BUMD

Pembentukan Posluhdes ini, menurut penjelasannya sudah diatur dalam Undang -undang nomor 16/2006. Pembentukan Posluhdes ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya penyuluh pertanian, penyuluh swasta, penyuluh swadaya serta pelaku usaha di pedesaan sebagai tempat berdiskusi.

“Selain itu, Posluhdes bisa menyusun program penyuluhan, melaksanakan kegiatan penyuluhan di desa serta menginventarisasi potensi wilayah tentunya juga menyangkut tentang masalah dan pemecahannya,” terang Titik Nawangpasti usai pembentukan Posluhdes Desa Bageng.

TRENDING :  Polres Pati Bantu Bayi Tak Beranus

Ditambahkan, fungsi Posluhdes tidak berbeda jauh dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) tingkat kecamatan. Namun bedanya Posluhdes berada di tingkat desa atau kelurahan .

“Tidak beda jauh dengan BPP di kecamatan, hanya saja Posluhdes ini adanya ditingkat desa atau kelurahan yang dibentuk dan dilaksanakan secara partisipatif oleh penyuluh swadaya dan pelaku usaha,” jelasnya.

TRENDING :  Tak Hanya SKTM Praktik Penentuan Kuota Diadukan ke Posko Pengaduan PPDB

Diharapkan dengan pembentukan Posluhdes ini nantinya masyarakat tidak lagi tergantung dengan pemerintah pusat maupun daerah, melainkan tergantung keperluan dan upaya penyuluh swadaya dan pelaku usaha.

“Harapan kami dengan pembentukan Posluhdes ini tidak ada lagi ketergantungan masyarakat terhadap pemerintah. Sehingga akan menumbuhkan dan ada peningkatan kualitas pertanian di Desa Bageng nantinya,” pungkasnya. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :