Posyandu Pilar Kesehatan Ibu Dan Anak Di Pedesaan

Posyandu Pilar Kesehatan Ibu Dan Anak Di Pedesaan

Kudus, isknews.com – Setelah sukses di gelaran tahun sebelumnya, kini Pos Pelayanan Terpadu atau yang lebih dikenal dengan Posyandu di Kabupaten Kudus kembali ditantang untuk menunjukkan kemampuan dan juga inovasinya dalam lomba Posyandu Balita Tahun 2017.
Acara yang dilaksanakan di Posyandu Pusporini II Mijen RT 3 RW IV Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus tersebut merupakan rangkaian dari program pembinaan dan penilaian Posyandu balita tingkat Kabupaten Kudus yang diselenggarakan oleh Dinas PMD Kabupaten Kudus. Rabu (11/10/17). Posyandu Pusporini memiliki 7 kegiatan Posyandu dengan sasaran Balita sejumlah 832 balita dan 35 kader Posyandu.

Kegiatan di Posyandu Pusporini ini meliputi pemeriksaan, penimbangan, pemberian makanan sehat untuk balita. penyuluhan dan pelayanan kesehatan meliputi pelayanan KB, imunisasi, pemeriksaan dan pelayanan ibu hamil. Di Posyandu Pusporini juga ada pelayanan ibu-ibu lansia berupa pemeriksaan rutin dan penyuluhan kesehatan bagi lansia.
Penjurian untuk Posyandu yang mengikuti lomba ini dimulai tanggal 14 Februari 2017 dengan mengunjungi langsung ke Posyandu yang mewakili kecamatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan hingga bulan April 2017. Kemudian dari penilaian tersebut, tim juri akan menentukan siapa yang menjadi Posyandu terbaik dalam pelaksanaan Lomba Posyandu BalitaTahun 2017 ini.

TRENDING :  Kampanyekan Hidup Sehat, Pemkab Rembang Peringati HCTS dan GERMAS

Arif Budi Santoso Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kudus mengatakan, dalam penilaiannya, tim juri akan melakukan penilaian yang meliputi lima indikator, yakni yang pertama adalah Administrasi Posyandu yang terdiri dari kelembagaan Posyandu, pengelolaan Posyandu, data kelengkapan administrasi, sarana peralatan dan administrasi, lalu yang kedua adalah Hari Buka Posyandu dan Kemampuan Kader yang meliputi mulai pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan serta kegiatan tambahan penunjang kesehatan.

Untuk indikator yang ketiga adalah Peran Serta Masyarakat Terhadap Hasil Kegiatan Posyandu dan Peran Tim Pokjanal Posyandu yang meliputi opini masyarakat tentang Posyandu yang bersangkutan, pembiayaan Posyandu, sumber daya dan sumber dana, pendataan hasil kegiatan, pendataan bayi, Balita dan Bumil di Posyandu, keberadaan Pokjanal Posyandu di tingkat kecamatan, dan kontribusi serta pembinaan yang telah dilakukan oleh Pokjanal.

TRENDING :  Baru 9 Puskesmas di Jepara yang Terakreditasi

Indikator keempat adalah Program Inovasi dan Pelayanan Posyandu, yang meliputi penilaian kehadiran tim Pokjanal Posyandu, penilaian inovasi Posyandu, penilaian program-program Posyandu, penilaian peran serta instansi terkait seperti Puskesmas, Petugas Lapangan Keluarga Berencana, dan inovasi Posyandu pada saat kunjungan penilaian. “Sedangkan indikator penilaian terakhir yakni Pembinaan Posyandu, seperti pembentukan Pembina, susunan dan peran Pembina Posyandu, serta kegiatan pembinaan,” pungkasnya.
Bukan tanpa alasan Dinas PMD Kabupaten Kudus sudah tujuh kali rutin menggelar kegiatan Lomba Posyandu Balitaini. Hal ini dikarenakan fungsi vital Posyandu sebagai ujung tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak yang mencakup lima fungsi pelayanan, yakni pemantauan pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan, imunisasi, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan dasar.

TRENDING :  dr Maryata : Tips Paling Aman Melihat Gerhana Matahari Total Adalah Lewat Layar Televisi

Selain itu juga adanya lomba ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader Posyandu, juga meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat akan pentingnya Posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan.

Diharapkan, nantinya apabila salah satu Posyandu yang keluar sebagai juara akan menularkan ilmu nya kepada Posyandu lain, sehingga kemampuan kader Posyandu di Kabupaten Kudus akan merata.
Hadir dalam kegiatan tersebut selain kepala dinas PMD Kudus Arif Budi Santoso, Sekretaris Dinas PMDb. Darwin Sugiarto, Sri Subekti, S.Pd Disdikpora Kab. Kudus, Diyah Arum, SE, Dinas Sosial P3A P2KB Kab. Kudus, Sri Sumarni, S.Km Dinkes Kab. Kudus, Camat Kaliwungu Muhammad Fitriyanto, Danramil Kaliwungu Kapten Inf Yoyok Yusmanto, Kapolsek Kaliwungu AKP Dwi Jati Usodo. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post