Potensi Kekayaan Laut Harus Dioptimalkan

oleh -926 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Sejalan dengan prioritas kebijakan pembangunan tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mengarahkan pada peningkatan infrastruktur dan pariwisata. Oleh sebab itu, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi meminta semua pihak-pihak terkait untuk bersungguh-sungguh mendayagunakan kekayaan laut di Kabupaten Jepara.

“Mari kita manfaatkan dengan cerdas dan bijak, bangun infrastruktur kelautan secara terpadu, berdayakan dan bantu para masyarakat nelayan, dorong dan permudah urusan mereka, agar dapat menikmati kekayaan laut untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya saat Peringatan Hari Nusantara Ke-17 di halaman Kantor Bupati Jepara, Jumat (8/12/2017).

Pihaknya juga meminta para pemangku kepentingan sektor pariwisata di Kabupaten Jepara, terus menggali potensi pariwisata yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jepara. Ia juga meminta untuk terus mengembangkan dan meningkatkan wisata bahari. Sebab, sektor tersebut salah satu andalan pariwisata di Kabupaten Jepara. “Karena jika pariwisata maju, maka sektor lainnya akan mengikuti,” katanya.

Bagi Kabupaten Jepara, Peringatan Hari Nusantara selain bertujuan menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Melalui konsep Wawasan Nusantara, Bupati juga berharap semakin meneguhkan spirit dalam mengelola laut dan potensi didalamnya semaksimal mungkin untuk kemajuan daerah.

Sebab, dengan garis pantai sepanjang 82,73 km, dengan 34 desa pesisir yang tersebar di 9 kecamatan, lebih dari 13 destinasi wisata pantai, belum termasuk destinasi andalan Kepulauan Karimunjawa, serta didukung sumberdaya nelayan lebih dari 12 ribu orang, 700 lebih petambak, dan 500 lebih petani rumput laut, hal itu menjadikan potensi kekayaan laut Jepara harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat dan kemakmuran daerah. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :