PPL Sampai Kades Diminta Operasi Ke Desa Sukseskan Kartu Tani

oleh -1,277 kali dibaca
Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Seluruh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) termasuk Bank BRI selaku Bank yang ditunjuk bertanggung jawab dalam menyalurkan kartu tani diminta melakukan operasi ke lapangan, demi suksesnya program kartu tani di wilayah Kabupaten Rembang. Tak hanya PPL, namun Kepala Desa dan perangkat desa juga sangat penting untuk ikut mengawal kartu tani
Hal tersebut disampaikan Bupati Rembang H. Abdul Hafidz saat menghadiri acara Gerakan Serentak Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang 2017 bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah di desa Kalitengah Kecamatan Pancur, Kamis (26/10/2017).
“Saya minta pak kepala desa beserta kepala desa PPL operasi di desa, jangan sampai ada yang kelewatan. Di Sedan itu ada laporannya kemarin,” ujarnya.
Menurutnya hal- hal negatif perlu diantisipasi meskipun masih dalam proses penyaluran kartu. Terlebih setelah menerima, protes tentang kuota pupuk bersubsidi dimungkinan juga terjadi.
Kedepannya pemkab Rembang akan terus melakukan sosialisasi langsung ke lapangan. Karena Kartu Tani ini sangat penting bagi petani karena memiliki multiguna, seperti untuk pembelian pupuk bersubsidi termasuk kuota pupuk bersubsidi yang diperoleh setiap petani dan harganya.
Dalam kesempatan itu para petani yang hadir juga menyaksikan praktek penggunaan kartu tani. Mulai pengaktifan kartu sampai dengan transaksi pembelian pupuk.
Sementara itu Kepala BRI Cabang Rembang Yuwanda, sebagai perbankan yang diberi tanggung jawab dalam penyaluran kartu tani di Rembang mengklaim penyaluran kartu tani di Rembang sejauh ini berjalan lancar. Kabupaten Rembang sudah masuk penyaluran kartu tani tahap kedua dan di sini mendapat target ploting dengan jumlah paling banyak dibanding daerah lain.
Dalam penyalurannya Yuwanda memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rembang yang sangat pro aktif dan intens berkoordinasi. Pasalnya di tahap dua ini kabupaten Rembang mendapat target ploting kartu tani paling banyak yaitu 71 ribu kartu
Sedangkan terkait kartu tani yang sudah disalurkan sampai saat ini Ia menyebut sekitar 19 ribu lebih. Yuwanda berharap para petani bisa bersabar, karena pihaknya setiap hari terus melakukan penyaluran.
“Kartu Tani yang sudah kami salurkan sekitar 19.900 kartu, masih ada sejumlah 44 ribu akan kami salurkan lagi itu yang masuk tahap pertama, nanti ada pembukaan lagi dari pusat sebanyak  44 persen lagi tambahannya. Kami mengharap masyarakat untuk bersabar, kami setiap hari memproses, cleansing data maupun distribusi berlangsung di semua BRI unit setiap hari sampai nanti tuntas 100 persen semua petani yang terdata, targetnya 40 persen selesai bulan ini sisanya di pertengahan bulan depan ,”tuturnya.
Yuwanda optimis Rembang bisa sukses melaksanakan program kartu tani hingga benar- benar diterapkan di tahun 2018 mendatang. Dengan demikian petani bisa semakin sejahtera dan pemerintah bisa mewujudkan penyaluran pupuk bersubsidi tepat waktu, tepat jumlah dan tepat orang. (Mcs)
KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.