PR Keluarkan Rp 23,986 M Uang “Desemberan” Untuk 67 Ribu Buruh Rokok

oleh

Kudus, isknews.com – Sebanyak 67 pekerja rokok, borongan dan harian di Kudus, menerima uang jasa tahunan (UJT). UJT yang diberikan oleh perusahaan rokok (PR) setiap akhir tahun atau pada bulan Desember, karena itu di kalangan buruh lebih dikenal dengan nama uang “Desemberan.”
Sekretaris Persatuan Perusahaan Rokok Kabupaten Kudus (PPRK), Daniyal Falah, yang dihubungi isknews.com, Rabu (13/11/17), mengatakan hal itu. Menurut dia, uang jasa itu diberikan oleh perusahaan, sebagai penghargaan kepada buruh sebagai mitra kerja perusahaan, atas kerjasama yang baik antara kedua belah pihak, selama satu tahun.

“Meskipun tidak tertuang dalam perjanjian tertulis, pemberian UJT sifatnya wajib, karena sebagai balas jasa PR kepada pekerja, terkait dengan kelangsungan produktifitas perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan.”

Untuk nominal besaran uang jasa, sama dengan tahun kemarin (2016), karena bersifat normatif. Pada 2017 ini, dengan besaran UJT sebesar Rp 350 ribu per pekerja. Sehingga untuk membayar UJT itu, PR mengeluarkan dana sebanyak Rp 23.986.000.000, rinciannya, 67 ribu pekerja x Rp 350 ribu.
Mengenai pelaksanaan pembayaran UJT, lanjutnya, terserah kebijakan PR masing-masing, namun dengan ketentuan dalam Desember ini, serta sebelum libur Hari Natal dan Tahun Baru 2018. “Hari sudah ada perusahaan yang membayarkan UJT, yakni PR Sukun. Untuk PR lain, saya belum menerima laporan.”(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Berpotensi Timbulkan Konflik, SPN Jepara Tolak Perpres Penggunaan TKA