Pria Ini Setia Jualan Buku Bekas Puluhan Tahun Lamanya

Pria Ini Setia Jualan Buku Bekas Puluhan Tahun Lamanya

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Meski tak menjanjikan secara ekonomi, Very Yulianto setia menjual bacaan bekas di rumahnya Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati Kota. Uniknya, dia sudah melakoni pekerjaan itu sejak tahun 1993 silam.

Ruang tamu berukuran 3×4 meter pun dirombak sedemikian rupa, dengan rak berisi aneka bacaan bagi para calon pembeli sejak tahun 1993 silam. Mulai dari buku pelajaran, novel, buku popular, komik, tabloid, bahkan aneka majalah berjejal yang siap menerima tuan baru.
“Saya sudah membuka toko buku bekas sejak 24 tahun. Setiap hari buka mulai jam 09.00 – 21.00 WIB,” ungkap Very, Rabu (05/07/2017).

Sebelum menjadi penyedia buku bekas, dia mengaku memiliki ketertarikan tersendiri dengan dunia baca. Pria yang pernah menjadi buruh pabrik di Kudus itu, selalu membeli koran selepas dia bekerja.
“Dulu sering beli koran waktu kerja di pabrik, kemudian saya membuka lapak jualan sticker dan poster-poster, baru setelah itu membuka toko buku bekas,” beber pria paruh baya itu.

Meski hanya satu dua orang pengunjung, Very tetap setia menekuni profesinya itu. Bahkan, dalam beberapa hari pernah tokonya tidak ada yang menyambangi. Tujuannya satu, dia ingin menyediakan bacaan murah bagi masyarakat.
“Minggu ini sepi, malah pernah tidak pegang uang karena tidak ada pembeli. Ya, diikhtiari saja, rejeki ada yang ngatur. Paling tidak jika ada anak sekolah cari buku pelajaran, mereka bisa membeli murah disini,” tuturnya.

Harga buku yang ditawarkan di tokonya cukup murah dari Rp 1.000 – Rp 20.000, tergantung jenis dan tebal buku. Dari 21 Kecamatan di Kabupaten Pati, toko buku bekas itu merupakan satu-satunya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
/div>
BACA JUGA :  Nelayan Juwana Siap Aksi Ke DKP Jateng

Share This Post