Produk Tanaman Tahunan Perkebunan Rakyat Di Kudus, Kapuk Randu Masih Jadi Primadona

by
isknews

Kudus, isknews.com – Tanaman Kapuk Randu, masih menjadi primadona tanaman tahunan perkebunan rakyat di Kabupaten Kudus, sehingga menjadi sumber penghasilan yang bisa diandalkan, bagi petani perseorangan, maupun petani komunal yang peroleh dana bantuan perbankan berupa Bantuan Modal Usaha (BMU), di bawah pembinaan Bank Unit Pemantauan.

TRENDING :  Petani Bulung Cangkring Mulai Panen, Sayang Harga Gabah Alami Penurunan

Dengan jumlah produksi berupa serat bersih sebanyak 359,53 ton, atau rata-rata 280 kilogram per hektar, Kapok Randu menempati urutan pertama, di atas tanaman tahunan perkebunan rakyat lainnya, yakni Kelapa Dalam (kopra) dan Kopi Robusta.

Kepala Bidang Kehutanan dan Perkebunan (Hut-Bun) Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kudus, Harnawa yang dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Rabu (14/9), membenarkan hal itu. Menurut dia, Kapok Randu menjadi andalan penghasilan petani perkebunan rakyat, karena selain bisa ditanam di mana saja, yakni di dataran tinggi maupun di dataran rendah, juga penanaman dan pemeliharaannya cukup mudah. “Hasil tanaman Kapok Randu berupa serat bersih, pemasarannya, selain untuk kebutuhan dalam negeri, juga diekspor ke manca negara.”

TRENDING :  Gerakan Pakan Ikan Mandiri, Solusi Petani Ikan Tekan Beaya Pakan Impor Dan Pabrikan

KOMENTAR SEDULUR ISK :