Prof. Dr. Agus Maladi Irianto MA, Guru Besar Undip : Peran Media Dalam Kajian Kebudayaan

by

KUDUS –  Media, baik itu media cetak, televisi, bahkan media sosial, memiliki peranan (kontribusi) yang sangat besar dalam pengkajian kebudayaan dan pembentukan pengetahuan. Media dapat bermanfaat dan memberikan keuntungan banyak jika seseorang pintar dan bijak menggunakannya.

Guru besar pada Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof. Dr. Agus Maladi Irianto MA., mengutarakan hal itu dalam perkualiahan umum dengan Tema “Media dan Kebudayaan” yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK), Sabtu (8/4/2017).

Sebelum kuliah umum juga ada pembacaan puisi berjudul, ‘Sajak Pertemuan Mahasiswa’ karya WS. Rendra yang dibacakan oleh Mahasiswa PBSI yang diwakili oleh Ahmad Khoirun Niam berduet dengan Syifa Fauzia Saputri. Acara yang dimoderatori oleh Drs. Kanzunnudin, M.Pd tersebut berjalan dengan lancer dan menarik.

TRENDING :  Antusias Peserta Pada Seminar Nasional "Membuka Tabir Kopi Sianida"

Kebudayaan bukan sesuatu benda atau keadaan yang ‘given’ dan abadi. Kebudayaan akan selalu berkembang dan berubah terus menerus. Media memiliki kontribusi terhadap pengkajian kebudayaan, terutama berkaitan dengan pembentukan pengetahuan.

KOMENTAR SEDULUR ISK :