Profesionalisme, Integritas Dan Netralitas, Modal Dasar Anggota PPK

Profesionalisme, Integritas Dan Netralitas, Modal Dasar Anggota PPK

Kudus, isknews.com – Sebanyak 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  yang telah dinyatakan  lolos seleksi oleh KPU Kudus, sore kemarin dilantik di ruang pertemuan lantai 2 hotel GRyptha Kudus, Jumat (03/11/17).

Acara yang dikemas dalam “Pelantikan dan Bimbingan Teknis Panitia Pemilihan Kecamatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Bupati dan Wakil Bupati 2018. Dipimpin oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus, Moh Khanafi.

Pelantikan anggota KPU yang  juga diikuti dengan pengambilan sumpah anggota PPK  yang akan bertugas di 9 Kecamatan yang ada di Kudus, dengan masing-masing Kecamatan akan di isi lima orang anggota PPK.

Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Noor Yasin, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning, Ketua Komisi A DPRD Mardiyanto, Wakil dari Kejaksaan Negeri Kudus,  para asisten Sekda, Ketua Panwaslu  Wahibul Minan dan para Camat se Kudus.

Dalam sambutannya ketua  KPU Kudus Moh Khanafi menyampaikan, Kegiatan pelantikan pada hari ini sebagai tahapan dalam pengawasan dan penyelenggaraan pemilu gubernur dan wakil gubernur serta bupati – wakil bupati Kudus 2018 serta pemilihan umum DPR, DPD , dan DPRD serta pemilihan Presiden dan wakil presiden tahun 2019.

TRENDING :  Seleksi Calon Anggota PPK Hampir Separoh Peserta Tes Berusia Dibawah 25 Tahun

“ Proses seleksi di 9 kecamatan melalui beberapa tahapan diantaranya pengumuman lewat media masa dan elektronik, seleksi administrasi, tes tertulis dan tahapan terakhir wawancara sehingga terpilih anggota PPK yang sekarang ini,” katanya.

Pelantikan dan pembekalan ini dalam rangka menyambut dan menghadapi pemilu kedepan sehingga dapat melaksanakan tugas dengan teliti, jujur , adil dan netral sehingga pemilu ke depan dapat terlaksana dengan aman dan sukses.

Sukses dan tidaknya sebuah Pemilihan Umum juga dari tanggung jawab penyelenggaranya, penyelenggara dalam menjalankan tugas harus mengedepankan profesionalisme dan juga netralitas ini harus dipegang erat oleh kita sebagai bagian dari penyelenggara.

“Lembaga KPU yang sudah mempunyai prestasi yang bagus itu dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang diterima Lembaga ini harus sama-sama kita pertahankan terus, Siapa lagi yang bisa menjaga kepercayaan ini jika bukan penyelenggara itu sendiri,” katanya.

TRENDING :  Tak Memenuhi Syarat, Berkas Partai IDAMAN Dikembalikan

Berkaitan dengan integritas untuk tetap tetap di laksanakan karena ini adalah harga mati bagi kita selaku penyelenggara, kejujuran itu hal yang sangat penting.

“ Bapak Ibu tadi sudah mengucapkan sumpah dan janji itu disaksikan oleh semua yang ada, oleh karenanya untuk memegang teguh janji sumpah yang sudah diucapkan sekali lagi untuk memegang teguh tiga hal tadi integritas,  profesionalisme dan netralitas ini yang harus sama-sama kita jaga.,”. tegasnya.

Dirinya berharap para anggota PPK secepatnya berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayah masing masing dan mari bersama sama dengan rakyat kita awasi pelaksanan pemilu.

“ Para PPK terpilih harus meluangkan waktu extra untuk melaksanakan tugasnya dan penyelengara dituntut oleh kode etik yang ada,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kudus yang sambutannya dibacakan oleh Sekda Kudus Noor Yasin, mengatakan, Ucapan selamat kepada anggota PPK yang telah dilantik semoga dapat melaksanakan amanah dengan baik dalam pengawasan pelaksanaan pemilu kedepan.

TRENDING :  DPD PKS Kudus Gelar Musyawarah Daerah 2015

“Setiap aduan yang muncul sebagai permasalahan pemilu harus ditelaah dan di tindak lanjuti sampai selesai sehingga tidak menimbulkan dampak kedepanya, Kegiatan ini merupakan upaya yang sangat strategis sehingga keberadaan PPK mampu mengawal pelaksanaan pemilu dimana dalam pemilu dibutuhkan kecakapan dan kemampuan anggota PPK,” tuturnya.

Segeralah persiapkan diri dengan baik sehingga pemilu dapat berlangsung dengan jujur dan adil, berkenaan dengan pelaksanaan tugas harus di imbangi dengan fisik yang baik serta hindari intrik intrik yang tidak perlu sehingga setiap permasalahan dapat diatasi dengan tuntas.

“Sesungguhnya pemilihan ini bukan hanya untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur juga Bupati dan Wakil Bupati tetapi yang terpenting adalah untuk membangun demokrasi di daerah kita, “ pungkasnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post