Program Fisik TMMD Sengkuyung I Betonisasi Jalan Di Honggosoco

oleh

Kudus, isknews.com  – Peluncuran program TNI dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap I yang di pusatkan di desa Honggosoco, di buka pagi tadi dipimpin oleh inspektur Upacara Bupati Kudus HM Tamzil acara di gelar di lapangan Honggosoco, Jekulo, Kudus.

Didampingi Forkopimda Bupati Tamzil pukul kentongan penanda pembukaan TMMD tahap 1 2019 di buka (Foto: ist.)

Membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah, bupati menyampaikan, program TMMD mampu membuat masyarakat desa kian kreatif dan inovatif. Potensi desa pada akhirnya dapat dioptimalkan dengan baik.

“Tak hanya itu, bisnis start up dan wirausaha semakin diminati dan diharapkan mampu menyejahterakan masyarakat tanpa meninggalkan keunikan dan kearifan lokal. Desa dengan kualifikasi tersebut adalah desa dengan fasilitas pelayanan dasar masyarakatnya komplet, SDM-nya unggul, mandiri dan spiritualitasnya tinggi. Lan sing ora kalah penting, kabudayane tansah lestari,” ungkapnya. Selasa (26/02/2019).

TRENDING :  Dandim Pati : Pelajar Jangan Percaya Berita Hoax

Sementara itu, program TMMD diharapkan tak hanya fokus dalam pembangunan sarana dan prasana saja, namun juga pemberdayaan masyarakatnya. Masyarakat harus didorong untuk meningkatkan ekonomi, kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukunan antar umat beragama.

TRENDING :  Betonisasi Jalan Sepanjang 527 Meter Hasil Fisik Nyata TMMD Sengkuyung II 2018

“Jika kerukunan umat beragama terjalin, maka konflik SARA, radikalisme, terorisme dan intoleransi tak akan terjadi,” tandasnya.

Kegiatan sasaran nonfisik yang dilaksanakan dalam program TMMD berkaitan dengan penyuluhan wawasan kebangsaan. Adanya kegiatan tersebut diharapkan turut menangkal penyebaran hoax (ujaran kebencian) dan adanya perundungan, terutama di dunia maya.

“Mari kita edukasi masyarakat agar bijak dalam bersosial media. Jangan sampai tercemar dengan hoax dan bully,” tutur bupati.

Sementara itu Komandan Kodim 0722 Kudus, Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo usai upacara pembukaan kepada sejumlah awak media mengatakan, Dalam program TMMD Tahap I tahun 2019 ini, akan mencakup kegiatan fisik dan nonfisik.

TRENDING :  Ratusan Kendaraan Anggota TNI di Kudus Mendadak Diperiksa, Ada Apa?

“Untuk kegiatan fisik berupa betonisasi jalan sepanjang 550 meter dengan lebar 3 meter dan tinggi 15 meter di desa Honggosoco. Sementara untuk kegiatan nonfisik yang akan dilakukan adalah penyuluhan tentang radikalisme, KB-Kes, pemberdayaan masyarakat, bela negara, wawasan kebangsaan dan lainnya.,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Program TMMD Tahap I yang berakhir pada 27 Maret nanti, digelontor dana sebesar 573 juta rupiah yang berasal dari APBD Provinsi sebesar 225 juta dan APBD Kabupaten sebesar 348 juta rupiah. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :