Program Mobile Training Unit di Balai Latihan Kerja Kudus

oleh
ISKNEWS.COM
Foto: Balai Latihan Kerja Kudus, Kamis (12-04-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sebagai salah satu upaya pemerintah Kabupaten Kudus dalam meningkat ketrampilan masyarakat, Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kudus kembali melaksanakan pelatihan Mobile Training Unit.

Pelatihan ini merupakan upaya jemput bola yang dilakukan oleh BLK, dalam meningkatkan ketrampilan masyarakat. Progam MTU ini ditujukan kepada masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan di BLK, namun memiliki terkendala dengan jarak tempat tinggal yang terlalu jauh. Untuk mengatasi hal ini, BLK akhirnya membuat progam MTU dengan bergerilya ke pelosok-pelosok Kota Kudus.

Pendamping Progam MTU BLK Kudus, Ihsan Wahyudi, Kamis (12-04-2018), menjelaskan jika ada masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan ini, mulanya harus membuat sebuah kelompok yang terdiri dari 16 orang dan memilih salah satu kejuruan dari pelatihan yang disediakan di BLK. Selanjutnya, kelompok tersebut harus membuat proposal pengajuan pelatihan yang dilengkapi dengan data diri seluruh anggota yang berupa KTP dan KK.

TRENDING :  SMK Muhammadyah Borong Juara 1,2,4 dan 5 Cisco Network Academy Netriders Asia Pasific and Japan 2015

Proposal tersebut kemudian diserahkan ke pemerintahan Desa terkait, untuk diajukan ke BLK. Nantinya proposal itu akan dilakukan proses verifikasi oleh BLK, setelah itu barulah dari pihak BLK melakukan tindakan pelatihan.

TRENDING :  Kemenag Kudus Launching Layanan Haji Satu Atap

“Untuk pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 2 – 3 minggu berturut-turut, sesuai kompetensi kejuruan. Di akhir pelatihan, nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari BLK,” kata Ihsan.

Dengan adanya Mobile Training Unit ini, diharapkan dapat menumbuhkan wirausaha baru di Kota Kudus. Selain itu, Ihsan berharap dengan adanya pelatihan semacam ini, dapat income tambahan bagi peserta pelatihan.

TRENDING :  Juara 1 KSM & Aksioma 2017 Tingkat MI Otomatis Jadi Wakil Kudus di Tingkat Jateng

KOMENTAR SEDULUR ISK :