Program Prona Desa Temulus Garap 500 Bidang

oleh

Kudus, isknews.com – Program pemerintah pusat tentang sertifikasi tanah hak milik melalui Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) di semua desa di seluruh wilayah NKRI, direspon dan ditindak lanjuti secara positif, termasuk oleh desa-desa di Kabupaten Kudus. Diantaranya Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus yang pada TA 2017 ini, memproses atau menggarap sebanyak 500 bidang tanah untuk disertikasi melalui Prona.

TRENDING :  Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA) Harus Transparan Kepada Masyarakat Atau Pemohon

Kepala Desa Temulus, Purwati, yang dihubungi isknews.com, Selasa (31/10), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu. Menurut dia, pengajuan pembuatan sertifikat tanah hak milik (HM) melalui Prona, baru dilaksanakan pada TA 2017 ini, atas permintaan atau usulan dari warga masyarakat. Jumlah yang diajukan sebanyak 500 bidang itu, datanya berdasarkan yang ada di buku C desa. “Semua persyaratan untuk pembuatan sertifikat HM sudah masuk ke desa, secepatnya akan kami ajukan ke notaris dan Badan Pertanahan Nasional (BPN), untuk diproses.”

TRENDING :  66 Persen Bidang Tanah di Jepara Belum Terdaftar

Mengenai beaya pembuatan sertifikat HM, lanjutnya, pemohon hanya menanggung beaya notaris, sedangkan penerbitan sertifikat oleh BPN, gratis. Sertifikasi tanah melalui Prona di Desa Temulus itu akan dilanjutkan pada 2018 mendatang, karena jumlah tanah yang belum mempunyai sertifikat diperkirakan lebih dari 1000 bidang. “Sertifikasi melalui Prona itu akan dilakukan secara bertahap, sampai selesai seluruhnya.”

TRENDING :  Dengan 40 Bidang Sertifikat, BPN Targetkan Juara 1 Nasional

Desa Temulus mempunyai luas 415,232 Ha. Peruntukan lahan yang digunakan untuk sawah 214,719 Ha, untuk bangunan 61,400 Ha, untuk jalan 9 Ha, dan lainnya 11,247 Ha. Jarak Desa Temulus dengan Kantor Kecamatan sekitar 3 km, dan jarak dengan Kabupaten kurang lebih 12 km. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :