Promosikan Batik Tulis Melalui Metamorfosa

Promosikan Batik Tulis Melalui Metamorfosa

Rembang, ISKNEWS.COM (Lintas Rembang) – Metamorfosa Batik Tulis Lasem sebagai ajang untuk mengangkat pamor batik tulis khas kota garam kembali digelar di tahun ini. Dengan mengusung tema Metamorfosa Batik Tulis Lasem Persembahan Untuk Negeri, penyelenggaraannya dibuat lebih menarik dan meriah dibanding tahun lalu.

Event yang dinilai sangat kreatif banyak orang ini memang menjadi keinginan Bupati Rembang H. Abdul Hafidz yang memang serius ingin mengangkat kerajinan khas daerah yang dipimpinnya. Batik tulis Lasem menjadi produk unggulan dan aset penting yang dimiliki Kabupaten Rembang.

Hal itu disampaikan Bupati Rembang H.Abdul Hafidz saat acara Metamorfosa Batik Tulis Lasem Persembahan Untuk Negeri  yang digagas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Rembang di alun- alun Rembang, Sabtu (28/10/2017) malam. Aset penting karena batik tulis Lasem bisa membawa manfaat besar disisi ekonomi, sosial maupun budaya.

TRENDING :  Ari Lasso Meriahkan Konser Musik Penutupan ARTEFAC 2016
Metamorfosa Batik Tulis Lasem Persembahan Untuk Negeri. (ISKNEWS/MIFTA)

Diakuinya hampir setiap daerah saat ini tengah mengembangkan kerajinan batik dengan ciri khas masing- masing. Namun Bupati tetap percaya bahwa batik tulis Lasem yang telah menembus pasar luar negeri ini bakal mampu bersaing dan diburu banyak orang.

“Memang saat ini banyak masing- masing daerah di seluruh Indonesia sekarang punya batik dengan ciri khas masing- masing. Namun Lasem ini memiliki kelebihan tersendiri, yaitu punya nilai historis dan sudah mendunia,” ujarnya.

Kepedulian Pemkab juga terlihat setelah Bupati mengeluarkan Surat Keputusan Bupati untuk Batik tulis Lasem tentang pemakaian seragam batik tulis Lasem bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai tahun 2017 ini. Dan tidak berhenti disitu saja, di tahun 2018 mendatang giliran anak didik juga diwajibkan untuk memakai seragam batik tulis Lasem.

TRENDING :  Ratusan Botol Miras Disita dari 3 Rumah

“Mari kita semua mempromosikan batik tulis Lasem sebagai produk unggulan kabupaten Rembang, pemkab sudah memulai dengan SK Bupati mulai tahun 2017 ini PNS wajib memakai seragam batik. Dan tahun 2018 melalui dinas pendidikan, anak didik kita mulai SD, SMP, SMA, SMK juga pakai batik, meskipun hanya sehari saya tetapkan hari jum’at,” tutur Bupati di hadapan tamu undangan dan masyarakat yang menyaksikan Metamorfosa.

TRENDING :  Program Tax Amnesti Meningkatkan Likuiditas Sektor Jasa Keuangan

Dalam kesempatan itu juga Bupati meminta Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan  Koperasi dan UKM (Dinperindagkop UKM), Akhsanudin untuk terus melakukan inovasi agar batik tulis Lasem semakin populer. Baik inovasi event maupun dalam hal membantu pemasaran.

Kegiatan dalam Metamorfosa Batik Tulis Lasem Persembahan Untuk Negeri sendiri diawali dengan lomba membatik yang tetap ada untuk memotivasi para pembatik untuk meningkatkan skill dan menarik minat generasi muda untuk bisa membatik. Selanjutnya metamorfosa semakin meriah dengan lomba fashion show dan batik karnival, ratusan peserta di seluruh kegiatan nampak antusias dari awal hingga akhir kegiatan. (Mcs)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post