Puluhan Difabel Antusias Ikuti Pengukuran Kaki Palsu Gratis

oleh
Pengukuran kaki palsu pada penderita disabilitas di Kantor Sekertariat FKDK, Jumat (27-07-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sebuah kabar gembira, kini penyandang disabilitas atau penderita tuna daksa bisa memperoleh kaki palsu gratis. Sebab, Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) bekerjasama dengan Kick Andy Foundation kembali mendonasikan kaki palsu gratis kepada siapapun.

Pada Jumat (27-07-2018), terlihat puluhan penyandang disabilitas se-Karsidenan Pati antusias melakukan pengukuran kaki palsu di Kantor Sekertariat FKDK, di Jalan Honggoyudho No. 1, Desa Kirig, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Ketua FKDK, Rismawan Yulianto mengungkapkan kegiatan pengukuran kaki palsu ini diikuti oleh 60 penyandang disabilitas yang berasal dari Demak, Kudus dan Jepara. Meskipun begitu, pihaknya membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi penyandang disabulitas yang ingin mendaftar.

TRENDING :  289 Warga Kecamatan Bae Hari ini Terima Bantuan PKH Jilid 1

“Bagi penyandang disabilitas yang ingin mendapatkan kaki palsu bisa datang ke sini untuk kami data. Data pengukuran dan permintaan kaki palsu ini nantinya akan kami kirim ke Mojokerto untuk proses pembuatan,” jelasnya saat ditemui isknews.com dalam acara tersebut.

Diterangkan Wawan, sapaan akrabnya, proses pembuatan kaki palsu membutuhkan waktu sekitar dua minggu hingga satu bulan. Setelah jadi nantinya, kaki palsu tersebut akan di salurkan kepada para difabel.

TRENDING :  Pokdarwis Gapuro Makmur Juara Harapan II Konvensi Pokdarwis se-Jawa Tengah

Dia mengatakan permintaan kaki palsu di Karsidenan Pati cukup tinggi. Di sisi lain, harga untuk satu kaki palsu juga cukup mahal yakni Rp. 5 juta untuk kaki palsu diatas lutut dan Rp. 4 juta untuk dibawah lutut.

Melihat antusias penyandang disabilitas yang begitu tinggi, Wawan berencana kedepannya akan mengajukan kerjasama pemberian tangan palsu, operasi bibir sumbing dan brist (pengangga bagi penderita polio -Red) secara gratis bagi para difabel.

TRENDING :  Diserang Nyamuk Warga Desa Langenharjo Mengeluh

“Untuk saat ini, data tersebut kami tampung dahulu. Jika sudah terkumpul, baru kami ajukan,” ujarnya.
Dengan adanya kegiatan pemberian kaki palsu gratis ini, diharapkan para penyandang difabel dapat beraktivitas seperti orang normal.

“Bagi penyandang disabilitas di Karsidanan Pati yang menginginkan kaki atau tangan palsu bisa datang ke Kantor Sekertariat FKDK di Kirig atau bisa menghubungi saya di 085787064555,” pungkasnya. (NNC/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :