Puluhan Grup Ikuti Festival Rebana

oleh
Puluhan Grup Ikuti Festival Rebana
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Melestarikan rebana klasik agar tak terkikis oleh perkembangan teknologi, Bank Sampah Cermat Desa Suwawal Timur menggelar Festival Rebana se-Kabupaten Jepara, yang diikuti 27 group rebana klasik di Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Minggu (9-9-2018). Mengangkat Tema “Dengan Seni Rebana Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Persatuan dan Kesatuan NKRI”, kegitan ini dibuka langsung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) utusan Provinsi Jawa Tengah Denty Eka Widi Pratiwi.

TRENDING :  Resmi dibuka Turnamen bola voli Kapolres Cup Jepara 2017

Ketua Bank Sampah Cermat Desa Suwawal Timur Yanto Budi Winaryo menyampaikan, peserta lomba adalah group rebana utusan pondok pesantren, yayasan pendidikan, daerah/umum. Untuk aturan dalam lomba ini, seorang anggota group tidak diperbolehkan terdapat pada kelompok lain, tidak boleh mengunakan asesoris yang memakai listrik, dan jumlah peserta dalam satu group maksimal 15 orang.

Dalam penilain, ada 4 aspek yang akan dinilai, meliputi vokal/suara, musik, penampilan, dan sopan santun. Sedangkan untuk teknis pelaksanaan lomba para peserta diberi waktu tampil 15 menit, dengan membawakan satu lagu wajib dan satu lagu bebas. “Panitia menyiapkan tiga lagu wajib yang boleh dipilih salah satu, yaitu Rouhi fidak, roqqot aina, dan yalal wathon, sedangkan yang satunya lagi lagu bebas, jadi ketika tampil jumlah yang dibawakan peserta ada dua,” ujar Budi Winaryo.

TRENDING :  Ratusan Pelaku UMKM Kudus Ikuti Workshop Tata Kelola Pembukuan Usaha

Pj Petinggi Suwawal Timur Ahmad Suryowanto berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memunculkan kelompok rebana yang berkualitas. Kegiatan ini juga sebagai salah satu event untuk menyongsong akan dicanangkannya Desa Suwawal Timur sebagai desa wisata. “Hingga saat ini tahapan tersebut terus digalakkan, maka untuk mewujudkannya diperlukan peran aktif semua pihak,” katanya.

TRENDING :  Membangun Jalan Desa Ujud Sinergitas Warga dan TNI

Selain fertival rebana, kegitan ini juga dimeriahkan dengan pameran kreasi hasil sampah, bibit tanaman, rumah edukasi, pentas musik akustik oleh cupu-cupu, dan Eklesia. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :