Puluhan Pelajar Jadi Wartawan Sehari Ala Festival Jurnalistik

oleh
Foto: Istimewa

Pati, ISKNEWS.COM – Minan salah satu peserta festival jurnalistik mengaku mendapatkan pengalaman menarik saat mengikuti lomba yang di gelar Forum Kajian dan Diskusi Wartawan (FKDW) Pati.

Pengalaman menarik juga dirasakan oleh puluhan siswa sekolah menengah atas (SMA) sederajat pada Minggu (6-5-2018) kemarin. Seharian, para siswa itu berlagak layaknya seorang jurnalis di tempat wisata Bukit Pandang, Desa Duren Sawit, Kecamatan Kayen.

Tak hanya pura-pura, mereka pun melakukan kerja jurnalistik betulan. Mulai dari proses wawancara, hingga menyajikan data dan fakta yang dikumpulkan menjadi karya jurnalistik. Ada yang membuat bahan pemberitaan, video jurnalistik, hingga foto jurnalistik.

Rupanya para siswa berseragam putih abu-abu itu tengah mengikuti Festival Jurnalistik yang digelar oleh Forum Kajian dan Diskusi Wartawan (FKDW) Kabupaten Pati. Menariknya lagi, karya jurnalistik itupun dilombakan. Tiga karya terbaik di masing-masing bidang telah disiapkan hadiah berupa uang tunai, sertifikat dan piala oleh panitia.

TRENDING :  Persedian Air Bersih BPBD Pati Tinggal 118 Tangki

Ahmad Muhlisin, ketua panitia kegiatan mengatakan para siswa itu diajak untuk mengeksplor keindahan Bukit Pandang namun sebagai seorang jurnalistik. Mereka diperkenalkan menjadi bagaimana seorang jurnalis yang baik.

“Hal itu tentu penting terutama di era media sosial ini. Sudah sepatutnya anak muda harus bijak dalam melihat konten jangan sampai mudah termakan berita hoax,”terangnya.

Foto: Istimewa

Selain sebagai tanggung jawab sosial memperkenalkan dunia jurnalistik, lomba itu juga digelar untuk mempromosikan Bukit Pandang Ki Santa Mulya yang ada di Desa Durensawit, Kecamatan Kayen tersebut.Sebagai jurnalis Pati mereka juga turut bangga akan keberadaan objek wisata andalan Kabupaten Pati tersebut.

“Kita harus bangga dengan potensi yang ada di Pati. Termasuk salah satunya objek wisata tersebut. Maka dari itu harus kita promosikan seluas mungkin. Itu menjadi salah satu upaya dari jurnalis,”terang pria yang aktif berkecimpung di dunia jurnalistik ini.

TRENDING :  Polres Pati dan Baznas Pati Bedah Rumah Warga Jagan

Diharapkan dengan datangnya para pelajar dari berbagai kabupaten Pati dapat memperkenalkan wisata di Pati Selatan tersebut. Dengan begitu para peserta akan melihat keindahan dan potensi wisata yang akan disebarkan ke masyarakat yang lain.

TRENDING :  Polemik Pemutaran Film Animasi Di SD, Begini Tanggapan Disbudpar Kudus

“Sekarang ini yang paling kuat jaringan dalam memperkenalkan wisata itu justru di anak muda. Kami yakin para pelajar itu akan antusias saat menceritakan keindahan Bukit Pandang ini ke teman maupun keluarga untuk kemudian mengajaknya datang kesana,”imbuhnya.

Sementara itu Minan salah satu siswa yang juga menjadi peserta, mengaku cukup antusias saat mengikuti Festival Jurnalistik tersebut. Dirinya mendapatkan banyak pengalaman saat menjadi wartawan sehari.

“Rupanya deg-degan juga menjadi wartawan itu. Tapi seru banyak pengalaman apalagi saat mewawancarai narasumber dan membuat berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik,”terangnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :