Puluhan Peserta Ikuti Lomba Menulis Surat Untuk Ibu

oleh

Jepara, ISKNEWS.COM – Berangkat dari keprihatinan penggunaan bahasa jawa dalam komunikasi keluarga, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Jepara menggelar lomba menulis surat untuk ibu, dengan menggunakan bahasa jawa. Kegiatan dilaksanakan, Selasa (9-10-2018), di Gedung Shima Jepara. Kegiatan ini diikuti 51 anggota perwakilan Dharma wanita se-Kabupaten Jepara.

Ketua DWP Persatuan Kabupaten Jepara Susi Sholih mengatakan, saat ini, sangat sedikit sekali yang menggunakan bahasa jawa untuk bahasa komunikasi di lingkungan keluarga. Padahal bahasa jawa ini, sangat baik jika diterapkan dan diajarkan sejak dini kepada anak. “Sebagai orang jawa, kita harus jawani, termasuk bersikap dan berprilaku,” tuturnya.

TRENDING :  Bupati Tutup Jumbara Karya Sukarelawan di Buper Regaloh

Disampaikan Susi, tidak ada yang salah ajaran seorang ibu. Semua Ibu, pasti memberikan pelajaran yang sangat berharga, bagi kehidupan kita-masing-masing yang dapat kita tuliskan. “Sudah saatnya, pelajaran-pelajaran itu, kita bagikan. Agar orang lain bisa melihatnya,” kata Sholih.

TRENDING :  MARI DORONG KEBUDAYAAN KUDUS MENUJU KUDUS BERBUDAYA

Tiga dewan juri yang ditunjuk, Dian Wida Kusworo (Guru Bahasa Jawa SMP N 4 Jepara), Den Hasan (Sanggar Rumah Ilalang) dan Sulismanto (Diskominfo Jepara), menetapkan tima pemenang dan juara harapan. Juara I diraih DWP Satpol PP Jepara, Juara II DPW Kemenag, dan Juara III DWP BNP. Sedangkan untuk harapan I diraih DWP Kecamatan Welahan, Harapan II DWP Dinas Kelautan dan periknana serta harapan III, DWP Dinsospermades.

TRENDING :  Gugus PAUD Lily Ajak Anak Didiknya Memaknai Hijrah Melalui Gebyar Muharram

Sulismanto yang juga pengampu rubrik “Kemisan” majalah Gelora mengatakan, 30 persen peserta masih bagus menulis dengan menggunakan bahasa jawa. Mereka masih bisa menggunakan, kapan menggunakan bahasa kromo (jawa halus), atau bahasa jawa sehari-hari (ngoko). (ZA/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :