Puluhan Prajurit Kodim 0716 Demak Turut Serta Dalam Pengamanan Tradisi Syawalan

by

Demak, isknews.com (Lintas Demak) – Tradisi yang biasa diadakan di kabupaten Demak adalah Tradisi Syawalan yang digelar setiap tujuh hari setelah Idul Fitri juga diisi dengan berbagai ritual acara selamatan dan ritual agama yang sudah dilakukan sejak nenek moyang hingga berlangsung sampai saat ini sebagai wujud uri uri atau melestarikan budaya para leluhur. Tradisi ini dihadiri Dandim 0716 Demak Letkol Inf Agung Udayana bersama Unsur Forkompimda Demak, acara sedekah laut ini berlangsung di Morodemak Kecamatan Bonang, Demak, Minggu lalu  (2/7/2017).

TRENDING :  Kodim 0716 Demak Lakukan Operasi Gaktib

Acara dimulai dari dermaga moro, kecamatan bonang dan dilaksanakan di laut. Ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas berkah keselamatan dan hasil laut yang telah dilimpahkan.

Ribuan masyarakat Demak, Jawa Tengah, menggelar ritual Syawalan yakni melarung sesaji ke tengah laut. Warga percaya larungan sesaji akan mendatangkan berkah.

TRENDING :  TMMD Tumbuhkan Rasa Sinergitas Antara TNI/POLRI dan Masyarakat

Dalam Tradisi ini acara diawali dengan arak-arakan yang dikawal sembilan orang berpakaian adat jawa sebagai simbol Wali Songo. Nasi tumpeng yang dimasukkan dalam miniatur perahu ditandu oleh empat orang sebagai simbol empat cantrik yang berguru kepada Sunan Kalijogo. Nasi tumpeng dan aneka hasil laut kemudian dibawa ke atas perahu untuk dilarung ke tengah lautan. Sedangkan berbagai kesenian tradisional turut mengiringi arak-arakan hingga tepi pantai.

KOMENTAR SEDULUR ISK :